Identitas Diri Perempuan Muslim Bercadar di Kota Bandung

Yulita Ayu Permatasari, Asaas Putra

Abstract


Di tengah - tengah fenomena stigma negatif yang disandang oleh kaum perempuan muslim bercadar, tidak menghambat peningkatan jumlah perempuan yang memilih untuk tetap menjalankan perintah ajaran agamanya yaitu dengan bercadar. Setiap individu tidak lepas dari kegiatan komunikasi, dalam hal ini adalah komunikasi interpersonal yang juga sangat dipengaruhi oleh adanya persepsi interpersonal (Rakhmat, 2003). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep pemikiran (mind), konsep interaksi sosial (self), dan konsep memediasi masyarakat (society) perempuan muslim bercadar melalui interaksi simbolik dalam pembentukan identitas diri dengan Perempuan muslim bercadar di Komunitas Niqab Squad Bandung sebagai informan utama. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan perempuan muslim bercadar berpandangan bahwa ketertarikan dan pemahaman mengenai penjagaan diri dengan cara menyempurnakan pakaian merupakan bentuk ketaatan terhadap perintah agama. Oleh karena itu, terlepas pendapat masyarakat yang sudah menerima dan yang belum menerima keberadaan perempuan muslim bercadar pada Komunitas Niqab Squad Bandung, mereka tetap menunjukan identitas diri perempuan muslim bercadar yaitu dengan keistiqomahan, kodrat wanita, dan ilmu sunnah.

Full Text:

PDF

References


Hendra, Endang, Rohmi Gufron, Syahid Zaenudin, Ahmad Saeful Rahman.(2012). Al Quran Cordoba Special For Muslimah. Bandung: PT Cordoba Internasional Indonesia.

Muhammad, Syaikh. (2015). HUKUM CADAR. Solo: At-Tibyan

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Darsun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurhadi, Zikri Fachrul. (2015). Teori – Teori Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif&Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy .J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats