Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran di Kelas Melalui Supervisi Klinis

Ahmad Fathullah

Abstract


Kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan perubahan mindset dan pola pembelajarannya. Untukitu, pelatihan dan bimtek pun banyak diselenggarakan denganmenghabiskanbiaya yang tidaksedikit. Tetapisangatdisayngkan, umumnya mereka masih berada pada posisi ‘comfort zone’ meski sudah bersertifikat pendidik profesional. Pendekatan saintifik adalahsalahsatu ‘icon’ pada standar prosesnya yang menuntut guru agar bersikapkreatifmemfasilitasipengalamanbelajarsiswaaktif, tetapi realitanya tidak diterapkan. Guru merasa nyaman dengan pembelajaran monolog atau teacher centered. Alternatif tindakanyang harus segera diberikan adalah melakukan supervisi klinis oleh supervisor. Fokus supervisi klinis adalah perbaikan performmance guru di kelas. Seorang supervisor memberikan bimbingan dan layanan yang bersifat kolegial dan menghindari doktrin atau ketegangan. Prosedur supervisi klinis meliputi pra observasi, observasi kelas dan tindakan balikan. Dari hasil penelitian penulis didapati bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran hingga 43%, yaitu dari nilaiawalperformen guru di kelas41 menjadi 83.


Full Text:

PDF

References


Azhari, A. 2004.Supervisi Rencana Program Pembelajaran. Jakarta: Rian Putra.

Azizy, H. A. Q., et all. 2002.Modul dan Model Pelatihan Pengawas PENDAIS. Jakarta: Dir.Jen. Kelembagaan Agama Islam.

Azizy, H. A. Q., et all. 2004.Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.

Hasan, A. Yusuf et all, 2002, Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum, Jakarta:CV Mekar Jaya.

Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang standar proses

Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses

Permendikbud nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Thaib BR, H. M. Amin dan A. Subagio, 2005, Kepengawasan Pendidikan, Jakarta : Ditjen. Kelembagaan Agama Islam

Tim Dir.Jen Kelembagaan Agama Islam, 2004, Pedoman Pengembangan Profesi Kepengawasan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengawas, Jakarta : Ditjen. Kelembagaan Agama Islam

Tim Ditjen Baga Islam, 2003, Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama, Jakarta : Ditjen. Kelembagaan Agama Islam

Tim Ditjen Baga Islam, 2003, Profesionalisme Pengawas PENDAIS, Jakarta : Ditjen. Kelembagaan Agama Islam.

Tola, B., dan Zakaria, T. R. 2003.Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Direktorat Madrasah dan PAI Pada Sekolah Umum.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats