Profil Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Mahasiswa Calon Guru Raudatul Athfal di Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Sri Maryanti, Dede Tri Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan majemukmahasiswa calon guru Raudhatul Athfal (RA) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Fokus dari kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan delapan kecerdasan majemuk. Delapan Kecerdasan majemuk itu adalah kecerdasan verbal/linguistik, logis matematika, visual/spatial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Multiple Intelegence setiap individu yang belajar pasti melibatkan pemikirannya, dan di dalam pikiran tersebut terdapat intelegensi atau kecerdasan. Intelegensi sangat penting bagi kehidupan seseorang, karena tanpa intelegensi tersebut, seseorang tidak akan mampu untuk membedakan sesuatu, baik itu hal yang nyata ataupun hal yang tidak nyata. Intelegensi tidak terlepas dari proses pembelajaran. Profil multiple intelegence ini diharapkan mampu menjadi latar belakang dalm proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester tiga program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi lansung, angket, dananalisis dokumen.Berdasarkan data dan analisis hasil yang dilakukan pada dua kelas yaitu kelas A dan kelas B maka diperoleh temuan penelitian dominasi kecerdasan majemuknaturalnamun untuk kelas B selain kecerdasan majemuk natural hasil dominansi yang ditemukan yaitu kecerdasan majemuk musikal. Dosen memiliki kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang yang menyenangkan dan bermakna, tetapi penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan kegiatan pembelajaran kurang mampu mengembangkan kemampuan seluruh mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Dunn, R.& Kenneth Dunn. 1993. Teaching Secondary Student Through their Individual Learning Style: practical approaches for grade 7-12. Massachussetts: Allyn and Bacon.

Gardner,H. 1983.Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligenees. NewYork: Basic Books,.

Kuniawan, D. T. 2014. Analisis Kecerdasan Majemuk dan Profil Kecerdasan Majemuk Mahasiswa calon guru matematika tingkat I FKIP Unswagati Cirebon tahun 2014. Jurnal Logika Edisi Agustus Volume XI, No.2 Tahun2014.

Liliawati, W. 2013. Efektifitas perkuliahan IPBA terintegrasi berbasis kecerdasan majemuk untuk meningkatkan penguasan konsep dan menanam karakter diri mahasiswa calon guru smp pada tema tata surya. Indonesia Journal of applied physics Vol.3 No.1 Halaman 63.

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Semarang. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats