Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

Jurnal Ilmiah JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian orisinal  terbaru dalam ilmu murni Filsafat Islam dan Aqidah (Teologi Islam), serta cakupannya meliputi kajian filsafat kontemporer, pendidikan, sosial, dan keagamaan dari perspektif filsafat maupun aqidah. Tujuan Jurnal berkala ini adalah untuk upaya meningkatkan intensitas kajian Filsafat  Islam dan Aqidah, mengupayakan teori baru serta kontekstualisasinya bagi perkembangan intelektualitas. Ruang lingkup JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam meliputi:

Kajian Filsafat Islam yang terrentang dari sub-sub kajian: a). Filsafat Peripatetik (Masya’iyah). b). Filsafat Iluminasi (Isyraqiyah). c).Filsafat Wujud (Wujudiyah). d). Filsafat Hikmah Muta’aliyah (Trancendence Theosophy). e). Filsafat Islam Kontemporer. f). Filsafat Modern. g). Filsafat Posmodern

Kajian Aqidah yang meliputi: a). Teologi Islam Klasik. b). Teologi Islam Modern. c). Teologi Islam Kontemporer. d). Filsafat Agama.

Dimana ruang lingkup kajian tersebut di atas bisa dikomparasikan dengan disiplin ilmu lain seperti Filsafat Hukum, Filsafat Pendidikan Islam dan lain-lain. Dengan cakupan ini JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam memiliki signifikansi spesifik sekaligus membuka kemungkinan kajian interdisipliner. Hal ini didasarkan pada duduk kepentingan dan urgensi atas peran penting kajian Filsafat Islam dalam membawa dampak pencerahan baik di kalangan masyarakat akademik maupun masyarakat secara luas.

JAQFI versi online baru dijalankan per Januari 2017, setelah sebelumnya hanya dikelola dan dipublikasi dalam bentuk print pada smester kedua 2016.[....]


Journal Homepage Image

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...


©JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam diterbitkan oleh: Prodi Filsafat Agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.