PERMAINAN “KIMIA KOTAK KATIK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Rusly Hidayah, Suprianto Suprianto, Alis Rahmawati

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan permainan “kimia kotak katik” ditinjau  dari isi dan kontruksi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada materi Sistem Periodik Unsur. Sasaran penelitian ini adalah 12 orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Postest. Hasil analisis data menunjukan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan sebesar 83,33%.  Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil uji coba, permainan kimia kotak katik layak untuk diterapkan untuk pembelajaran kimia.

Keywords


kimia kotak katik; media pembelajaran; sistem periodik unsur

Article metrics

Abstract views : 795 | PDF views : 202


DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1362

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Lantai 3, Jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung 

Contact Person (Admin JTK): +6281321707976

E-mail: tadris.alkimiya@uinsgd.ac.id

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

 

JTK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License