PERMAINAN “KIMIA KOTAK KATIK†SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1362Keywords:
kimia kotak katik, media pembelajaran, sistem periodik unsurAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan permainan “kimia kotak katik†ditinjau dari isi dan kontruksi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur. Sasaran penelitian ini adalah 12 orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Postest. Hasil analisis data menunjukan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan sebesar 83,33%. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil uji coba, permainan kimia kotak katik layak untuk diterapkan untuk pembelajaran kimia.References
BSNP. 2013. Kurikulum 2013. Dalam Kemendikbud.
Fadilah, Q. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Game Tournament) Dengan Permainan Word Square dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) , 2.
Nur, Muhammad. 2004. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: UNESA Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 69 Tahun 2013.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arif S. Dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sirhan, G. 2007. Learning Difficulties in Chemistry. Journal of Turkish Science Education , 4 (2).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).