STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA LKM DAN TTS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SMALL GROUP DISCUSSION (SGD)
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1364Keywords:
komparasi, SGD, media TTS, media LKM, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Teka-Teki Silang (TTS) dibanding Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembelajaran kooperatif Small Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar materi Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Uji prasyarat analisis untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dimana thitung > ttabel, yaitu 3,79>2,00. Rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia TTS adalah 81,71 dan nilai rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia LKM adalah 75,29. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media TTS pada model pembelajaran kooperatif SGD lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dibanding media LKM pada materi Perkembangan Teori Atom.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran., Jakarta: Rajawali Persada.
Awan, R.U.N., Noureen, G., & Naz, A.(2011). Journal International Education Studies, 4(3), 72-79.
Davis, T.M., Shepherd, B., Zwiefelhofer T. (2009). Reviewing for Exams : Do Crossword Puzzles Help in the Success of Student Learning? The Journal of Effective Teaching, 9(3),4-10.
Hamdu, G. dan Agustina, L.(2011). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.
Huda, M. (2015). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Johnson, D.W., Johnson, R.T., &Smith, K.A. (1998). “Maximizing Instruction through Cooperative Learning.’ASEE Prism. 7(6), 24-29.
Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., &Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 SImo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiharti, S., Saputro, S.,& Sugiharto. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media TTS dan LKS Pada Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester Gasal SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 73-79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).