PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA

Imelda Helsy, Lina Andriyani

Abstract


Kesetimbangan kimia merupakan konsep abstrak/terdefinisi dengan contoh konkrit yang memerlukan pemahaman pada fenomena makroskopik, submikroskopik, simbolik serta keterhubungan ketiga levelnya. Namun bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia belum sepenuhnya mengembangkan  keterhubungan multipel representasi  (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik). Penelitian Research and Development ini ditujukan untuk mengembangkan bahan ajar yang memenuhi keterhubungan tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: 1) Studi pendahuluan meliputi (tahap analisis konsep, analisis representasi,  storyboard), 2) Desain produk, 3) validasi dan uji kelayakan. Dari hasil penelitian didapatkan produk bahan ajar dengan menghubungkan tiga level representasi kimia. Representasi makroskopik disajikan dalam bentuk wacana fenomena kontekstual dan prosedur kerja percobaan, representasi submikroskopik divisualisasikan melalui gambar dan animasi video yang keterhubungannya disajikan dalam bentuk representasi simbolik. Validasi konten dilakukan melalui pertimbangan 6 orang ahli materi dan uji coba kelayakan bahan ajar terhadap 20 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Keywords


bahan ajar; kesetimbangan kimia; multipel representasi

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cheng, M. &. (2009). Towards a Better Utilization of Diagrams in Research into the Use of Representative Levels in Gilbert J. K. & D. F. Treagust (eds.)Multiple Representation of Chemical Education. Boston: Springer.

Farida, I. L. (2013). Pembelajaran Berbasis Web untuk meningkatkan Kemampuan Interkoneksi Multiplelev Representasi Mahasiswa Calon Guru Pada Topik Kesetimbangan Larutan Asam-Basa. Journal Chemica, 12(1), 14-24.

Haryani, S. (2014). Identifikasi Materi Kimia SMA Sulit Menurut Pandangan Guru Dan Calon Guru Kimia. Seminar Kimia dan Pendidikan Kimia (hal. 43). Bandung: UPI.

Heriyana, E. S. (2013). Menggali Pemahaman Mahasiswa Kimia Angkatan Tahun Pertama FMIPA Universitas Negeri Malang Dalam Pokok Bahasan Elektrokimia Menggunakan Instrumen Diagnostik Two- Tier. malang: Universitas Negeri Malang.

Rita, S. (2013). Analisis Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia Pada Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia, . Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Imelda Helsy, Lina Andriyani

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637