PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA KONSEP KOLOID
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1367Keywords:
pembelajaran discovery inquiry, keterampilan berpikir kritis, konsep koloidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah proses pembelajaran. Metode penelitian kelas digunakan dalam penelitian ini untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas melalui penerapan pembelajaran discovery inquiry. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas XI IPA di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes keterampilan berpikir kritis, dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran secara keseluruhan termasuk pada kategori sangat baik (nilai 81). Pencapaian keterampilan berpikir kritis tertinggi pada indikator mengidentifikasi contoh (89) dan terendah pada indikator membuat kesimpulan (72). Kelompok prestasi tinggi pencapaiannya tertinggi (90), sedangkan kelompok prestasi rendah pencapaiannya paling rendah (73).References
Akhyani, A. 2008. Model Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Laboratorium Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis. Bandung. Tidak diterbitkan.
Arifin, M., dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Balım, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success andInquiry Learning Skills. Eurasian Journalof EducationalResearch, 35, 1- 20.
Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. “Critical Thinking Framework For Any Disciplineâ€. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 17, (II), 160-166.
Firdaus, A. 2011. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran RBL (Resource Based Learning) Pada Konsep Koloid. Skripsi. Bandung: UIN. Tidak diterbitkan.
Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Benyamin Hadinata. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Kaswan. 2005. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Arus Searah. Tesis UPI. Bandung. Tidak diterbitkan.
Liliasari. 2003. “Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutanâ€. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3,(VIII), 174-181.
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurmalinda. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Perkembangan Konsep Redoks Menggunakan Metode Discovery Inquiry. Tesis UPI. Bandung. Tidak diterbitkan.
Roehrig, Gillian H. 2004. Inquiry Teaching ini High School Chemistry Classrooms: The Role of Knowledge and Beliefs. Journal of Chemical Education. 81, (10), 1510- 1516.
Sari, Ratnasari dan Ida Farida. 2014. Pengembangan Sikap Kreatif Siswa Pada Praktikum Penjernihan Air. EduChemia. 1(2)
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajrana Kimia. Medan: Graha Ilmu.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Widyawati, I. 2009. Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis. Bandung. Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).