PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Riri Aisyah, Fitri Nur Aisyah, Yunita Yunita

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada penentuan kadar asam palmitat bebas dalam minyak goreng dan menganalisis keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas pada mahasiswa mata kuliah kimia bahan makanan sebanyak 38 orang. Data diperoleh dari jawaban mahasiswa dalam menyelesaikan setiap tahapan LKM yang diberikan, sedangkan keterampilan proses sains didapat dari jawaban siswa pada LKM yang disesuaikan dengan indikator ketrampilan proses sains. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LKM diinterpretasikan sebagai berikut : fase “orientasi pada masalah” baik (70.3), fase”belajar mandiri’ baik (76.0), fase ”penyelidikan” baik sekali (94.3), fase ”penyajian data” baik (72.7) dan fase “evaluasi hasil kerja” baik (72.4). Keterampilan proses sains mahasiswa secara keseluruhan diinterpretasikan baik dengan rata-rata 75.6, dengan perolehan nilai pada indikator mengamati 88.9, mengajukan pertanyaan 70.3, mengajukan hipotesis 70.8, menerapkan konsep 75.6, merancang percobaan 91,6, menyimpulkan 67.3 dan mengomunikasikan 73.1

Keywords


keterampilan proses sains; LKM; problem based learning

Article metrics

Abstract views : 133 | PDF views : 103


DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1368

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats