KUALITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG TERBIASA TEACHER-CENTERED LEARNING MELALUI PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING

R Arizal Firmansyah, Umi Khumaidah

Abstract


Banyak peneliti yang telah menyarankan bahwa siswa harus dilibatkan dalam proses penemuan konsep kimia melalui Keterampilan Proses Sains (KPS) dan pembelajaran inkuiri. Namun, menjadi tantangan tersendiri jika KPS dan pembelajaran inkuiri diterapkan pada siswa yang telah terbiasa pada pembelajaran berpusat pada guru, belum pernah sama sekali mengenal KPS dan pembelajaran inkuiri, salah satunya adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Pati. Oleh karena itu melalui penelitian ini bagaimana kualitas KPS melalui Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi asam basa dan larutan penyangga pada siswa tersebut akan diuraikan. Kualitas KPS tersebut diperoleh melalui mixed methods dengan desain embedded concurrent. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA MAN 1 Pati mempunyai KPS yang cukup baik dengan persentase rata-rata 67,34%. Setiap aspek KPS diantaranya pada aspek mengamati 85,00% (Baik); aspek mengklasifikasi 77,12% (Baik); aspek menggunakan alat dan bahan 80,62% (Baik); aspek mengukur 55,00% (Kurang); aspek menginterpretasi data 66,00% (Cukup); aspek mengkomunikasikan 58,78% (Cukup); dan aspek menyimpulkan 47,62% (Kurang). Kemampuan siswa pada aspek mengukur dan menyimpulkan belum memuaskan pada kegiatan praktikum asam basa dan larutan penyangga yang telah dilaksanakan.

 




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Lantai 3, Jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung 

Contact Person (Admin JTK): +6281321707976

E-mail: tadris.alkimiya@uinsgd.ac.id

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

 

JTK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License