PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA MENGGUNAKAN INDIKATOR ALAMI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1879Keywords:
daun pucuk merah, indikator alami, titrasi asam basa, penuntun praktikum, pendekatan saintifikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh daun Pucuk Merah yang memiliki pigmen zat warna antosianin yang dapat mengalami perubahan warna pada perubahan pH tertentu. Perubahan warna tersebut dimanfaatkan sebagai indikator pH alami yang lebih murah dan aman dibandingkan indikator sintesis. Hasil penelitian ini selanjutnya akan dijadikan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa penuntun praktikum titrasi asam basa menggunakan indikator pH alami berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan tahapan Define, Design, dan Develop. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa trayek pH ekstrak daun Pucuk Merah yaitu 7,37-9,57 dengan perubahan warna merah muda-kuning. Penggunaan ekstrak daun Pucuk Merah lebih tepat dan lebih cermat digunakan sebagai indikator pH alami pada titrasi asam kuat basa kuat dibandingkan titrasi asam lemah basa kuat dengan nilai ketepatan 1,7601% dan nilai kecermatan 0,0848. Media pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk penuntun praktikum memiliki kevalidan 88,36% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 85,71% (sangat praktis). Dari hasil tersebut diketahui bahwa penuntun praktikum yang diujicobakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.References
HAM, Mulyono. (2008). Membuat Reagen Kimia. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, Lena Putri., Farida F., Azwir Anhar. (2013). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMP Kelas VII Semester II. Jurnal Pendidikan Biologi PPs UNP, 69-76.
Iqbal, Muhammad. (2014). Identifikasi Antosianin dari Daun Pucuk Merah (Syzygium campanulatum Korth). Skripsi, Fakultas FMIPA Kimia: Universitas Andalas.
Jain, Pramod Kumar., Pushpa Jain., Prajvi Jain. (2013). Petal Sap of Delonix Regia as a Substitute for Hazardous Internal Indicators in Volumetric Analysis. Jurnal Biosci. Biotech. Res. Comm, 6(2), 186-189.
Maharani, Maylinda Uti. (2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Fotosintesis Berbasis Learning Cycle untuk Siswa SMP. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Negeri Malang.
Marwati, Siti. (2012). Ekstraksi dan Preparasi Zat Warna Alami sebagai Indikator Titrasi Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Murni, Hutdia Putri. (2015). Identifikasi Senyawa Organik Bahan Alam pada Daun Pucuk Merah (Syzygium oleana)â€. Makalah Praktikum Kimia Organik II. Padang: FMIPA UNP.
Padmaningrum, Regina Tutik. (2011). Karakter Ekstrak Zat Warna Daun Rheo Discolor sebagai Indikator Titrasi Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 229-234.
Rahmi, Mutiara., Hairida., Robi Putra. (2014). Implementasi Pendekatan Scientific Berbasis Lesson Study dalam Praktikum Hukum Perbandingan Tetap. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UNTAN, 3(7), 1-11.
Rustaman. (2003). Common Text Book Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jica.
Santoni, Adlis., Djaswir D, Sukmaning S. (2013). Isolasi Antosianin dari Buah Pucuk Merah (Syzygium campanulatum korth.) serta Pengujian Antioksidan dan Aplikasi sebagai Pewarna Alami. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1-10.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Utami, Lisa. (2013). Kimia Analitik I. Pekanbaru: Benteng Media. Wati, Nurhasna. (2000). Media Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau.
Wati, Nurhasna. (2000). Media Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).