PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI UNTUK ANALISIS KUALITATIF LOGAM BERAT PADA LIMBAH LABORATORIUM

Yulia Sukmawardani, Risma Hardiyanti

Abstract


 

Lembar kerja mahasiswa merupakan salah satu instrumen yang diperlukan pada praktikum analisis kualitatif logam berat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan tahapan penyusunan lembar kerja dan tampilan lembar kerja, menganalisis hasil uji kelayakan lembar kerja, dan meganalisis logam berat pada sampel limbah laboratorium secara kualitatif. Metode yang digunakan untuk peneitian ini yaitu R&D (Research & Development) yang meliputi studi pendahuluan, analisis jurnal yang relevan, membuat lembar kerja berbasis inkuiri dari analisis kualitatif logam berat pada limbah laboratorium, uji validasi lembar kerja yang telah dibuat, dan uji coba analisis kualitatif logam berat pada sampel limbah laboratorium secara kualitatif. Tampilan lembar kerja berbasis inkuiri didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan: merumuskan masalah, hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, dan menyimpulkan datA. Logam berat yang dianalisis pada samoel limbah laboratorium Pendidikan Kimia yaitu logam Pb,Cr dan Cu. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode pengendapan. Hasil uji validasi menghasilkan bahwa lembar kerja telah memenuhi syarat (valid), hasil analisis logam Pb, Cr, dan Cu membuktikan bahwa ketiga logam tersebut terdapat dalam sampel, ditandai dengan perubahan warna yang spesifik untuk masing-masing logam.  Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja siap digunakan pada saat praktikum kimia analitik I pada sub materi analisis kualitatif logam berat.

Keywords


analisis kualitatif; inkuiri; lembar kerja; limbah laboratorium; logam berat

References


Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka- Tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92.

Hayat, M. S., & Anggraeni, S. (2011). Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 1(2), 141–152.

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Pedagogia,2(1), 59– 70.

Lase, V. A., & Dkk. (2015). Daya Serap Mangrove Avicennia Marina Terhadap Logam Berat Kadmium ( Cd ) Dan Timbal ( Pb ) Di Kampung Nelayan. Makalah, (2), 1-11.

Notohadiprawiro, T. (2006). Logam Berat dalam Pertanian. Ilmu Tanah Universitas Gajah Mada, 1–10.

Nugroho, Eko et, al. (2010). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E. Laporan Penelitian, 1–7.

Rohaeti, E., Lfx, E. W., & Padmaningrum, T. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk Smp. Inovasi Pendidikan, 1–11.

Sari, Lis Permana. (2010). Pengembangan InstrumenPerformance Assessment Sebagai Bentuk Penilaian Berkarakter Kimia. Makalah Semnas MIPA 2010,1-11.

Suprihatin, & Indrasti, N. S. (2010). Penyisihan Logam Berat Dari Limbah Cair Labroratorium Dengan Metode Presipitasi dan Adsorpsi. Makara Sains, 14(1), 44–50.

Suwandi, Sarwiji. (2010). Model Assesmen dalam pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Svehla, G dan Vogel. (1990). Buku Teks Analisis Anorganik kualitatif makro dan semimikro bagian 1 edisi ke lima. Terjemahan oleh : Setiono, dkk. Jakarta: PT. Kalman Media Pusaka.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widjajanti, E. (2009). Penanganan Limbah Laboratorium Kimia. Makalah. Yogyakarta: UNY, 1-8.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah. Yogyakarta: UNY, 1-7.

Zarwinda, Irma. (2015). Pengembangan Modul Metode Proyek Untuk Mengetahui Keterampilan Proses Sains (Kps) Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.