PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nur Santi Amalina, Sri Wardani, Nanik Wijayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran guided inquiry pada materi larutan penyangga serta kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penelitian dimulai dari observasi ke sekolah, uji homogenitas data awal, menentukan sampel penelitian, uji validitas dan reliabilitas instrumen, serta memberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontroL. Uji N-gain nilai pretest dan posttest diperoleh gain score (0,60) lebih besar dari 0,51. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen mencapai 89%, lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 72%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal, sedangkan kelas kontrol tidak mencapai ketuntasan karena kurang dari kriteria ketuntasan klasikal yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


guided Inquiry; kelarutan dan hasil kali kelarutan; larutan penyangga; hasil belajar.

References


Aprilia, I.T., Murbangun N., & Endang S. (2015). Pengembangan Media Flash Berbasis Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1607-1616.

Arlianty, W. N. (2015). Pemanfaatan Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Konstruktivis Pada Materi Hidrolisis Garam Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia, 3(2), 72-77.

Breslyn, W., & McGinnis, J. R. (2012). A comparison of exemplary biology, chemistry, earth science, and physics teachers' conceptions and enactment of inquiry. Science Education, 96(1), 48-77.

Choerunnisa, R., Sri W., & Sri S.S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1945-1956.

Fadila, R., Masriani, & Rody P.S. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dalam Materi Larutan Penyangga Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan. 6.

Firmansyah, R. A. & Umi K. (2017). Kualitas Keterampilan Proses Sains Siswa yang Terbiasa Teacher-Centered Learning Melalui Process Oriented Guided Inquiry Learning. Jurnal Tadris Kimiya. 2(2), 130-144.

Hidayah, N., Sarwi., & A. Yulianto. (2014). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menerapkan Nilai-nilai Karakter Konservasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 4(2), 76-82.

Ismawati, R., Saptorini, Nanik W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1044-1050.

Kulatunga, U., Richard S. M., & Jennifer E.L. (2014). Use of Toulmin’s Argumentation Scheme for Student Discourse to Gain Insight About Guided Inqury Activities in College Chemistry. Research and Teaching, 43(5),78.

Kusuma, E., Nanik W., & Langgeng S.W. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 216-223.

Maretasari, E., B. Subali, & Hartono. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 28-31.

Onder, I. & Geban, O. (2006). The Effect of Conceptual Change Texts Oriented Instruction On Students’s Understanding of The Solubility Equilibrium Concept. H.U.Journal of Education, 30, 166-173.

Rahayu, A.T., Ashadi, & Sulistyo S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Eksperimen dan Guided Inqury Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Kreativitas. Jurnal Inkuiri, 3(1), 97.

Ristanto, R.H., Siti Z., Mohamad A., & Fatchur R. (2017). Scientific Literacy of Students Learned Through Guided Inquiry. International Journal of Research and Review, 4(5), 23-30.

Sesen, B.A. & Leman, T. (2013). Inquiry-Based Laboratory Activities in Electrochemistry: High School Student’s and Attitudes. Res Sci Educ, (43), 415.

Stephanie, M. M., Riskiono S., & Agung P. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Larutan Penyangga Sebagai Media Pembelajaran SMA IPA Kelas XI. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 1(1), 1-12.

Suhandi, A. & Wibowo, F.C. (2012). Pendekatan Multipresntasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 1-7.

Sumarni, S., Bimo, B.S. & Achmad, R.S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 462-471.

Utami, WD., Dasna, W., & Sulistina. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Ketrampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia UNM, 2(2), 1-7.

Wahyuningsih, Fitri, Sulistyo S., & Sri Mulyani. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia, 17(1), 94-103.

Wardani, S., Kadarohman, A., Buchari & Permanasari, A. (2013). Java Culture Internalization in Elektrometri Learning Based Inquiry Laboratory Activities to Increase Inter-Intrapersonal Intelligence. International Journal of Science and Research, 2(5), 417-421.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.