PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON

Khairunnisa Khairunnisa, Asih Widi Wisudawati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kimia peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator kreativitas berpikir yaitu kelancaran, orisinil, dan evaluasi. Data pre-test dan post-test selanjutnya diolah untuk mendapatkan data nilai tes kreativitas berpikir kimia. Analisis menggunakan uji statistika parametrik uji t untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik. Analisis data skor hasil skala kemampuan kreativitas berpikir dilakukan menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dan skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik. Hasil uji statistika terhadap nilai tes kreativitas berpikir kimia diperoleh nlai sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kreativitas berpikir kimia pada peserta didik.

Keywords


Kelarutan dan Ksp, Kreativitas Berpikir, dan Model Pembelajaran Treffinger



DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Lantai 3, Jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung 

Contact Person (Admin JTK): +6281321707976

E-mail: tadris.alkimiya@uinsgd.ac.id

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

 

JTK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License