PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2325Keywords:
Kelarutan dan Ksp, Kreativitas Berpikir, dan Model Pembelajaran TreffingerAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kimia peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator kreativitas berpikir yaitu kelancaran, orisinil, dan evaluasi. Data pre-test dan post-test selanjutnya diolah untuk mendapatkan data nilai tes kreativitas berpikir kimia. Analisis menggunakan uji statistika parametrik uji t untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik. Analisis data skor hasil skala kemampuan kreativitas berpikir dilakukan menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dan skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik. Hasil uji statistika terhadap nilai tes kreativitas berpikir kimia diperoleh nlai sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kreativitas berpikir kimia pada peserta didik.References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Juliantine, Tite. (2009). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).
Mayesky, Mary. (1990). Creative Activities for Young Children. USA: Delmat Publisher Inc.
Muliyani, M., Leny, L., & Suharto, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal Of Chemistry And Education, 1(1), 86-92.
Munandar, Utami. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.
Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-48.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses Januari 2017.
Pellegrino, J. W. & Hilton M. L. (Eds.). (2012). Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. Committee 011 Defining Deeper Learning and 21׳ Centuiy Skills. National Research Council of the National Academies.
Pratiwi, Y., Mulyani, S., & Ashadi, A. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) dilengkapi Media Peta Konsep pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 182-188.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Yunita, Sri. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kepriadian Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan PPKN FIS UNIMED. Medan: UNIMED.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).