ANALISIS BAHAN AJAR SENYAWA KARBON BERDASARKAN KRITERIA KETERHUBUNGAN REPRESENTASI KIMIA

Neneng Windayani, Ika Hasanah, Imelda Helsy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten teks konsep senyawa karbon berdasarkan struktur makro dan representasi kimia gambar. Dilakukan terhadap buku teks kimia SMA/MA menggunakan kriteria struktur makro Siregar dan kriteria keterhubungan representasi kimia GKitzia. Hasil analisis konten pada buku A dan buku B menunjukkan penyajian konten dan cakupannya tidak seluas dan sedalam konten pada buku teks standar. Namun konsep-konsep yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan struktur makro, alur penyajian konten pada buku teks standar sebagian besar menggunakan alur induktif, sedangkan pada buku A dan buku B menggunakan alur deduktif. Representasi teks dari ketiga buku lebih dominan simbolik. Hasil analisis representasi gambar yang disajikan pada buku teks standar sudah memenuhi kriteria, namun pada buku A dan buku B belum memenuhi kriteria standar. Dari ketiga buku, lebih banyak menampilkan gambar dengan representasi simbolik. Makna yang terkandung dalam representasi dari ketiga buku sebagian besar bersifat implisit. Keterhubungan representasi dari buku teks standar dan buku B hampir sepenuhnya terkait dan terhubung dengan teks, sedangkan pada buku A hampir sepenuhnya terkait tetapi tidak terhubung. Ketiga buku lebih dominan tidak memiliki keterangan atau caption dari setiap gambar. Hanya buku standar yang memiliki representasi multipel, dengan keterhubungan yang ditunjukan dengan jelas tetapi kurang terhubung.


Keywords


buku teks; senyawa karbon; kriteria keterhubungan representasi kimia.

References


Adisendjaja dan Romlah. (2007). Analisis Buku Ajar Sains Berdasarkan Literasi Ilmiah Sebagai Dasar Untuk Memilih Buku Ajar Sains (Biologi). Jurnal Pendidikan , 1, 1-8.

Ahtineva, A. (2005). Textbook Analysis in the Service. Nature, 10, 25–33.

Devetak, I dan Vogrinc, J. (2013). Critical Analysis of Science Textbook. New York London: Springer.

Gkitzia, V., Salta, K., dan Tzougraki, C. (2010). Development and Application Of Suitable Criteria for The Evaluation of Chemical Representations in School Textbooks. Chemistry Education Research and Practice, 12, 5-12.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Haryani, S., Prasetya, A. T., dan Saptarini. (2014). Identifikasi Materi Kimia SMA Sulit Menurut Pandangan Guru dan Calon Guru Kimia. Seminar Kimia dan Pendidikan Kimia, 6, 43-52.

Kern, A. L., Wood, N. B., Roehrig, G. H., & Nyachwaya, J. (2010). A Qualitative Report Of The Ways High School Chemistry Student Attempt To Represent A Chemical Reaction At The Atomic/molecular Level. Chemistry Education Research and Practice, 11, 165-172.

Muslimin. (2011). Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX Dengan Pendekatan Tematik. Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya , 1.

Novianto, A. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assesment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 1.

Nurmariza, Ibrahim dan Widodo. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aktivitas Dengan Media Cd Interaktif pada Materi Indera Pendengaran dan Sistem Sonar. Jurnal Pendidikan, 6, 1113-1122.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahayu, Ratna Puri (2016). Analisis Bahan Ajar Ikatan Kimia pada Buku Teks SMA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. Diploma Thesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sudrajat, Devi P., Farida, Ida, dan Pitasari, Ratih (2016). Analisis Bahan Ajar Sel Volta pada Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2016. 184-181.

Sugiarti, Rita dan Farida, Ida (2013). Analisis Buku Teks Kimia pada Konsep Kesetimbangan Kimia ditinjau dari Kriteria Representasi. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2013, 216-219.

Sunarya, Y. (2000). Kimia Dasar I: Prinsip-prinsip Kimia Terkini. Jakarta: Alkemi Grafisindo Press.

Takdir M.I. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press

Tockus-Rappoport, L. (2008). Computer Simulations as a Bridge between Different Representation Levels of Scientific Concepts. Dissertation. Hebwer University.

Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman Andrian. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Vitriani, I. R. (2012). Analisis Wacana Sistem Eksresi Pada Buku Pelajaran IPA Terpadu SMP dan Buku Pelajaran Biologi SMA.. Tesis. Bandung: SPS UPI. Tidak Diterbitkan.

Wahab, Wasis dan Indana. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Komik pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Minat Baca dan Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 6, 1090-1099.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.