IMPLIKASI KERAGAMAN QIRA'AT AL-QUR'AN TERHADAP TAFSIR DAN ISTINBAT HUKUM


H. Mustofa(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas tentang implikasi keragaman qira’at terhadap tafsir dan Istinbahukum. Al-Qur’an dianggap sebagai wahyu yang berasal dari Allah secara substansi dan secara redaksi berasal dari Nabi Muhammad Saw. Kitab suci otentik dan original yang tidak dapat dipisahkan dari aspek bacaan atau cara baca (qira’at). Secara historis, proses penyalinan mushaf Al-Qur’an terjadi pada masa Khalifah ‘Utsman bin ‘Affan dilatarbelakangi adanya perbedaan cara baca (qira’at) yang bersumber dari perbedaan dialek yang berakibat perselisihan di antara kaum Muslim. Sejarah mencatat bahwa qira’at al-Qur’an yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. kepada para sahabatnya dengan beragam versi qira’at. Para Ulama bersepakat bahwa qira’at yang diriwayatkan secara mutawatir bersumber dari Rasulullah adalah qira’at sab’ah. Beredarnya versi qira’at sab’ah yang mutawatir,mashur, dan shadz. Keragaman versi qira’at ini tidak bisa dihindari sehingga berimplikasi terhadap kualitas sebuah tafsir sehingga berimplikasi besar terhadap Istinbat hukum. Misalnya sebagai hasil Istinbat hukum yang terkandung dalam surat al-Ma’idah  [5]: 89, al-Shafi’i  dan  Malik berpendapat, bahwa pelaksanaan puasa selama tiga hari sebagai kifarat sumpah tidak disyaratkan harus berturut-turut, akan tetapi boleh dilaksanakan secara berturut-turut ataupun secara terpisah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan.


Keywords


Qira’at, Istinbat Hukum, Implikasi

References


Abdur Rauf, A. A. (n.d.). Guidelines for the Daurah of the Qur’an. Jakarta: Markaz al-Qur’an.

AF, H. (1996). Anatomi al-Qur’an: Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya terhadap Istinbath Hukum dalam Al-Qur’an. Jakarta: Rajagrafindo

Persada.

Al-Baily, A. (1988). Al-Ikhtilaf Bain al-Qira’at. Bairut: Dar al-Jail.

Al-Banna, A.-`Allamat al-S. A. I. M. (1987). Ittihaf Fadhla’ al-Basyar bi al-Qira’at al-Arba`at al-`Asyr. Beirut: `Alam al-Kitub.

Al-Fadli, ‘Abd al-Hadi. (1979). Al-Qira’at al-Qur’aniyah. Beirut: Dar al-Majma’ al’Ilm.

Al-Ju’fi, M. ibn I. A. ‘Abdullah al-B. (n.d.). al-Jami’ al-Sahih al-Mukhtasar. Beirut: Dar Ibnu Kathir.

Al-Qasimi. (1357). Mahasin al-Ta’wil. Dar al Ihya al-Kutub al- ‘Arabiyah.

Al-Qattan, M. (n.d.). Mabahits Fi ’Ulumil Qur’an. al-Qahirah: Maktabah Wahbah.

Al-Qurthubi, M. bin A. abi B. A. ‘Abdullah. (1384). Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Qahirah: Dar al-Kutub al-Mishri.

Al-Rāzi, F. al-D. (1420). Mafātīḥ al-Ghayb. Beirut: Dār ‘Ihya’ al-Turath al-A’rab.

Al-Ṣābūnī, M. ‘Alī. (n.d.). Rawā’i al-Bayān fī Tafsīr Āyātal-Aḥkām. Beirūt: Dāral-Turāthal-‘Arābī.

Al-Suyuti, J. (1995). Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an. Bayrut: Dar al-Kutub al-cilmiyyah.

Badruddin Muhammad Az Zarkasyi. (1984). Al Burhan fii Ulumil Qur’an. Beirut: Dur At Turuth.

Bazmul, M. ‘Umar I. S. (1996). Al-Qira’at wa Atsaruha fi al-Tafsir wa al-Ahkam. Saudi Arabia: Dar al-Hijrat.

Diraz, M. ‘Abdullah. (n.d.). Madkal Ila’ al-Qur’an al-Karim’ Aradun Tarikhiyyun Tahliliyun Maqarin.

Fahd ‘Abd al-Rahman ibn Sulayman al-Rumi. (1413). Buhuts fi ushul al-tafsir wa manahijuh. Riyadl: Maktabah al-Tawbah.

Fathoni, A. (2016). Kaidah Qira’at Tujuh menurut Thariq al Syathibiyyah. Jakarta: Yayasan Bengkel Metode Maisura.

Halimah, B. (2019). Perbedaan Qira’at Dan Pengaruhnya Dalam Istinbath Hukum. Jurnal Al-Risalah, 19(1), 97–109.

Hasan, S. H. A. H. (2006). Tafsir Al-Ahkam. Jakarta: Kencana.

Imam Muhammad bin Ismail Bukhari. (n.d.). Sahih Bukhari. Dar al-fikr: at-Thabaah wa al-Nasr wa al-Tauji’.

Irham, M. (2020). Implikasi Perbedaan Qiraat Terhadap Penafsiran Alquran. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 54–61.

Khalawiyyat, I. (1990). Al-Hujjat fi qira’at al-Sab’at. Muassasat al-Risalat.

Lahain, M. S. (n.d.). Al Ali’u Al Hisan fi `Ulum Al-Qur’an. Al Qâhirah: Dar.

Nabil bin Muhammad Isma’il Ali Ibrahim. (2000). ‘Ilm al-Qira’at Nasy’atuha Athwaruha Atsaruha fi Ulum al-Syar’iyyah. Riyadh: al-Taubah.

Sunarsa, S. (2014). Qiraat al-Qur’an Dalam Sekilas Pandangan Ekonomi Islam. Dalam Jurnal Economica, 5.

Zarqani, M. A. A. al. (1980). Manahil al-Irfan fi “ulum Al-Qur’an. Kairo: Matba’ah Dar Ihya al Kutub al Arabiyah.

Zuhaily, W. (1985). Al-Fiqh Al-Islam Wa Adillatuh. Beirut: Dar Fikr.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v7i1.17922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Mustofa Kamal, royu nahriya

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.