NILAI-NILAI ŪLŪ AL- ‘AZMI DALAM TAFSĪR IBN KATHĪR


Fithria Khusno Amalia(1*), Muhtar Solihin(2), Badruzzaman M. Yunus(3)

(1) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl.A.H.Nasution 105 Cibiru Bandung 40614, Indonesia, Indonesia
(2) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl.A.H.Nasution 105 Cibiru Bandung 40614, Indonesia,  
(3) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl.A.H.Nasution 105 Cibiru Bandung 40614, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Qaṣṣās al-Qur’ān merupakan bagian kandungan dari Alquran, yang salah satunya  menjelaskan kisah Nabi-Nabi yang digelari Ūlū al-‘Azmi, banyak ulama mengatakan bahwa Nabi-Nabi yang diberi gelar Ūlū al-‘Azmi merupukan Nabi yang sangat sabar terhadap ujian yang Allah Swt., dibanding dengan Nabi-Nabi yang lain, namun apakah dalam Alquran hanya menjelaskan kesabaran saja? Perlu pula untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam kisah  Ūlū  al-’Azmi dalam Alquran,  penulis menggunakan penaifsiran Ibn  Kathīr sebagai mufasir yang condong kepada al-Riwāyah sebagai sandaran dalam kisah-kisah Alquran. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang berbentuk library research.  Kesimpulan dari penelitian ini ialah  nilai-nilai Ūlū al-‘Azmi dalam Alquran meliputi: (1). Bersyukur, (2). Dzi hijr (memiliki daya juang) , (3). Terbuka, (4). Rendah hati, (5). Pembelajar, (6). Gigih, (7). Semangat, (8). Pantang menyerah, (9). Tawakal, (10). Ilahiyah (terkoneksi dengan Allah), (11). Pemenang, (12). Pengendalian diri, (13). Patuh, (14). Tunduk, (15). khusyu, (16). Keyakinan, (17). Lembut hati, (18). Sopan, (19). Keteguhan, (20). Keistiqamahan, (21). Teladan, (22). Tidak pengecut dan (23). Tangguh.


Keywords


Ūlū al-‘Azmi; Ibn Kathīr; nilai-nilai.

Full Text:

PDF

References


Al-Dzahabī, Muḥammad Husain. Al-tafsīr wa al-Mufassirūn. juz. 1.Al-Qohiroh: Dār Al-Hadith, 2005 M.

Al- Qaṭṭan, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-ilmu al-Quran.

judul asli: Mabāhith fī ‘Ūlūm al-Qurān, penj. Mudzakir, cet. Ke-13.Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2009), Abdullah, Mawardi, Ūlūmul Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Al-Habsyi, Abu Kautsar dan Ali Yahya. Membangun Generasi Qurani (Pandangan Imam Khomeini dan Syahid Muthahhari), cet. 1. Jakarta: Citra, 2012.

Al-Khālid, Solah Abdul Fatah, Ta’rīf Al-Dāris Bimanāhij al-Mufasirīn, Cet. V (Damaskus: Dār Al-Qolam, 1433 H.

Al-Sabuni, Muḥammad ‘Ali , Al-Tibyān fī Ūlūm al-Qur’ān, judul terjemah : Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, penj. Muhammad Qodirun Nur, Cet. 1.Jakarta: Pustaka Amani, 2001.

Al-Zuhailī, Muḥammad, Ibn Kathīr : Al-Hafidz Al-Mufassir.

Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Apollo, 1998.

Engkoswara, Administrasi Pendidikan .Jakarta:tp, 2010.

Lubis, Mawardi. Evaluasi Pendidikan Nilai, Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN .Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2009.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Cet.2. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012.

Manẓūr, Ibn, Lisān al-'Arāb, Cet. 1, jilid 15.Beirut: Dār al-Sadr, 1990.

Mujib, Muhaimin & Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1998.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.9. Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Quran “Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat”. Bandung, Mizan Pustaka, 2013.

Zubaedi, "Desain Pendidikan Karakter", Cet.2. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v2i1.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fithria Khusno Amalia, Muhtar Solihin, Badruzzaman M. Yunus

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.