DAKHĪL AL-NAQLI KISAH NABI AYYUB PADA TAFSIR AL-QUR’ĀN AL-‘AZIM KARYA IBNU KATHIR


Muhammad Erpian Maulana(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Nilai kebenaran penafsiran sebagai produk olah pikir manusia (dalam hal ini seorang mufassir) bersifat subjektif. Bahkan, pada nyatanya sebagian penafsiran mengandung kecacatan. Dakhīl merupakan salah satu disiplin ‘ulūm al-Qur’ān yang baru yang dengannya seorang pembaca tafsir dapat membedakan antara penafsiran yang valid dan penafsiran yang tidak valid. Kecacatan dalam penafsiran seringkali terjadi dalam penafsiran mengenai kisah-kisah para nabi. Salah satu cerita yang masyhur adalah ditinggalkannya Nabi Ayyub oleh keluarga dan para pengikutnya disebabkan oleh penyakit kulit akut yang dimiliki Nabi Ayyub. Ibnu Kathir merupakan seorang mufasir yang menggunakan corak kritik dalam tafsirnya yang fenomenal, Tafsir Al-Qur’an Al-‘Aẓim dalam mengupas muatan penafsiran, terutama dalam penafsiran kisah para nabi dalam Alquran. Kendatipun demikian, beberapa penafsiran Ibnu Kathir terhadap beberapa kisah Alquran mengandung kecacatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jumlah dakhīl al-naqli dalam QS. Al-Anbiyā[21]: 83-84 QS. ād [38]: 41-44. Dan untuk mengidentifikasi bahwa Nabi Ayyub tidak mengalami penyakit kulit yang menjijikkan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis-isi. Dalam penelitian ini ditemukan delapan bentuk dakhīl al-naqli dalam empat kategori dakhīl al-naqli (dari sembilan kategori ) pada QS. Al-Anbiyā[21]: 83-84. Diantaranya menafsirkan Alquran dengan hadis yang lemah, menafsirkan Alquran dengan cerita Isrā’iliyyāt, menafsirkan Alquran dengan pendapat sahabat yang tidak valid dan menafsirkan Alquran dengan pendapat tabiin yang tidak valid. Sementara dalam QS. ād [38]: 41-44 penulis hanya menemukan satu bentuk dakhīl al-naqli saja, yakni menafsirkan Alquran dengan hadis yang lemah. Simpulan yang didapatkan penulis dari penafsiran Ibnu Kathir terkait kisah nabi Ayyub adalah bahwa nabi Ayyub tidak mengalami penyakit kusta. Nabi Ayyub hanya mengalami penyakit diantara tulang kaki, sejenis penyakit rematik.


Keywords


Tafsir; dakhīl al-naqli ; hadis; Nabi Ayyub; penyakit kulit.

References


Abū Shahbah, Muhammad bin Muhammad. al-Isrā’iliyyāt wa al-Mauḍū‘āt fi Kutub al-Tafsir wa al-H{adith. Mesir : Maktabah al-Sunnah, 1408 H.

Alūsi, Shihābuddin Mahmūd. Ruḥ al-Ma‘āni fi Tafsir al-Qur’ān al-‘Aẓim wa al-Sab‘i al-Mathāni. Beirut : Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1415 H.

‘Asākir, Ibnu. Tārikh Damashq. “t.k.” : Dār al-Fikr li al-ṭabā‘ah wa al-Nashr wa al-Tauzi‘, 1995

Ash‘ari, ‘Abdurrahmān bin Saqāf. Durūs al-‘Aqā‘id al-Diniyyah. Banjaran: Mubarakul Huda, 2015.

Asqalāni, Ibnu H{ajar. Ta‘rif Ahli al-Taqdis bi Marātib al-Mauṣūfin bi al-Tadlis. ‘Amman : Maktabah al-Manār, 1983.

Dhahabi, Husain. al-Tafsir wa al-Mufassirūn. Al-Qāhirah: Maktabah Wahbah, 1990.

Dhahabi, Husain. al-Isrā’iliyyāt fi al-Tafsir wa al-Hadith. Al-Qāhirah: Maktabah Wahbah, “t.t”.

Dhahabi, Shamsuddin Abu ‘Abdillah. Tārikh al-Islām wa Wafayāt al-Mashāhir wa al-‘Alām, “t.k” : Dār al-Gharb al-Islāmi, 2003.

H{alabi, Burhānuddin. al-Ightibāṭ bi Man Rumiya min al-Ruwwāt bi al-Ikhtilāṭ. Al-Qāhirah : Dār al-Hadith, 1988.

Iyazi, Muhammad ‘Ali. al-Mufassirūn Hayātuhum wa Manhajuhum. Teheran:Wizārahal-Thaqāfah wa al-Irshād al-Islāmi, “t.t”.

Kathir, Ibn. Tafsir al-Qur’ān al-‘Aẓim Tafsir Ibn Kathir. Beirut : Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419 H.

Laqqani, Ibrāhim. Tuhfah al-Murid ‘Alā Jauhar al-Tauh{id. Terj. Tgh. Mujiburrahman. Surabaya : Pustaka Ilmu, 2010.

Manāhij Jāmi’ah al-Madinah al-‘Aliyah, al-Dakhīl fi al-Tafsir, Madinah : Jāmi’ah al-Madinah al-‘Aliyah, “t.t”.

Ma‘rifah, Muhammad Hadi. al-Tafsir wal al-Mufassirūn fīThaubihi al-Qushaibi,. Iran: Razavi University of Islamic Sciences, “t.t”.

Mizzi,Yūsuf bin ‘Abdurrahmān. Tahdhib al-Kamāl fi al-Asmā al-Rijāl. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980 M.

Muhammad bin Sa‘ad, Abu ‘Abdillah. al-ṭabaqāt al-Kubrā. Beirut : Dār ṣādir, 1968.

Muslimi, Muhammad Mahdi, Ashrāf Mans}ūr Abdurrahman, dan ‘Is}ām ‘Abdul al-Hādi Maḥmūd. Mausū‘ah al-Aqwal Abi al-ḥasan al-Dāruquṭni fi Rijāl al-Hadith wa ‘Ilalihi. Beirut : ‘Ālim al-Kutub Li al-Nashr wa al-Tauzi‘, 2001.

Syuaib, Ibrahim. Metodologi Kritik Tafsir. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Ushuluddin, 2008.

Waṣābi, Abu ‘Amr Nūr al-Din. Tuhfah al-Labib bi Man Takallama Fihim al-Hāfiẓ Ibn Hajar min al-Ruwwāt fi Ghair al-Taqrib. Jumhur Miṣra al-‘Arabiyyah : Maktabah Ibn ‘Abbas li al-Nashr wa al-Tauzi‘, 2010.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i2.7114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Erpian Maulana

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.