ORIENTASI DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI PEGADAIAN SYARIAH

Usep Deden Suherman

Abstract


Abstract

Syariah Pawnshop Cinunuk certainly competes with other companies, especially conventional pawnshops. Thus the sharia pawnshop is strived to have quality resources. In an effort to develop the quality of human resources and seek professionalism to develop employee performance, Islamic pawnshop companies have conducted various programs, one of which is orientation. Considering the performance of employees is very influential on the sustainability of the company and enhance the compe­ti­tive­ness of the company, then orientation becomes one of the pawnshop's choices in an effort to improve the performance of its employees. The training program implemented by the company has been planned, directed and dynamically sought to develop competen­cies, skills, dedication and strong commitment from employees at the company in developing employee performance now and in the future. HR development can be viewed from two aspects, namely the quantity related to the number of HR, and the quality associated with the quality or level of good or bad things and quality. A huge quantity without being accompanied with good quality of human resources will become a burden for the company.

Abstrak

Pegadaian Syariah Cinunuk tentunya bersaing dengan perusahaan lainnya terutama pegadaian konvensional. Dengan demikian maka pegadaian syariah diupayakan bisa mempunyai sumber daya yang bermutu. Dalam upaya mengembangkan mutu sumber daya manusia dan mengupayakan profesionalisme guna mengembangkan kinerja pegawai, perusahaan pegadaian syariah telah melakukan berbagai macam program, salah satunya orientasi. Mengingat kinerja pegaawai sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan dan me­ning­­­katkan daya saing perusahaan, maka orientasi menjadi salah satu pilih­an pihak pegadaian dalam usaha mening­katkan kinerja pega­wai­nya. Program training dilaksanakan oleh perusahaan telah diren­­cana­kan, diarahkan dan bersifat dinamis diupayakan bisa mengem­bangkan komptensi, skill, dedikasi dan komitmen yang kuat dari karyawan pada perusahaan dalam mengembangkan kinerja karyawan pada saat seka­rang maupun di masa depan. Pengembangan SDM bisa ditinjau dari dua segi, yaitu kuantitas yang berkaitan dengan jumlah SDM, dan kualitas yang berkaitan dengan  mutu atau tingkat baik buruknya sesu­atu dan kualitas. Jumlah SDM tanpa disertai dengan mutu SDM yang baik akan menjadi beban bagi perusahaan.


Keywords


Employee Orientation, Development, Performance

Full Text:

PDF

References


Bernardin & Russel, Human Resources Mangement : An Experiental Approach Edition 5, New York: McGraw-Hill Inc, 2010.

Dessler, Gary, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Hani, T. Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE-Yogyakarta. 2014.

Mathis, Robert L. dan Jackson, John H., Human Resources Management, Jakarta: Salemba Empat, 2006,

Prawirosentono, Suyadi, MSDM “Kebijakan Kinerja Karyawan”, BPFE: Yogyakarta, 2008.

Robbin, Stephen and Judge, Timothy, Organizational Behavior 13th edition, Pearson International Edition, 2009.

Stoner, James A.F., Manajemen, Terjemahan: Antarikso, Jakarta : Erlangga, 2006.

Usep Deden Suherman, Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai BRI Syariah Cabang Bandung Suniaraja, Adliya, Vol. 11, No. 2, 2017.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v13i1.4550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ADLIYA : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan is Indexed By:

   

  

Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@gmail.com
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index


View My Stats

  

Lisensi Creative Commons

'Adliya : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.