EQUITY CROWDFUNDING SYARI’AH DAN POTENSINYA SEBAGAI INSTRUMEN KEUANGAN SYARI’AH DI INDONESIA

Ramadhani Irma Tripalupi

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan membahas tentang  equity crowdfunding syari’ah dan potensinya sebagai instrumen  keuangan syari’ah di Indonesia. Ada tiga hal yang menjadi pertanyaan dalam tulisan ini: (1) Apa itu equity crowdfunding?, (2) Apa itu equity crowdfunding syari’ah?, dan (3) Bagaimana potensi equity crowdfunding sebagai instrumen  keuangan syari’ah. Artikel ini menggunakan metode studi dari berbagai literatur. Kesimpulan artikel ini adalah (1) Equity crowdfunding, digambarkan definisinya dari perspektif gotong-royong. Sehingga equity crowdfunding adalah suatu metode untuk memfasilitasi antara pelaku bisnis yang membutuhkan modal dengan pemodal melalui perusahaan intermediari berbasis internet dengan dilandasi semangat gotong royong (tolong-menolong). (2) Equity crowdfunding syari’ah merupakan crowdfunding berlandaskan aturan Islam yang berpedoman Al Qur’an dan As Sunnah. Wajib memenuhi kepatuhan syari’ah dan dalam pengawasan DPS, sesuai dengan POJK No 37 tahun 2018 pasal 35 dan Fatwa DSN MUI No: 117/DSN-MUI/II/2018. Bentuk crowdfunding syari’ah yang sesuai adalah musyarakah dan dilandasi oleh semangat  tolong-menolong dalam kebaikan (ta’awun). (3) Sejak dirilisnya POJK No 37 tahun 2018 pasal 35  dan  Fatwa DSN MUI No: 117/DSN-MUI/II/2018 perkembangan industri ini cukup baik. Sehingga memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadikan equity crowdfunding syari’ah instrumen pengumpulan dana investasi. Spirit ta’awun dari ZIS yang telah menyalurkan dana ini  untuk kemaslahatan umat, dapat menginspirasi equity crowdfunding syari’ah sebagai salah satu alternatif instrumen keuangan syari’ah sehingga diharapkan akan melahirkan entrepreneur-entreprenur muslim yang berdampak kepada peningkatan ekonomi.


Keywords


equity crowdfunding syari’ah; fintech; instrumen keuangan syari’ah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Salahuddin Rijal dan Wisudanto.” Crowdfunding sebagai Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur”, diakses dari http://conference.unsri.ac.id, pada tanggal 3 November 2019.

Danamart. “Nilai Investasi ke Fintech Indonesia”, diakses dari danamart.id/blog/ pada tanggal 6 Agustus 2019.

Djawahir, Abdillah Ubaidi. “Teknologi-Layanan Keuangan, Literasi-Inklusi Keuangan, dan Value pada Fintech Syariah Di Indonesia: Perspektif S-O-R (Stimulus-Organism-Response) Model”. Artikel Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars. 2018, diakses pada tanggal 7 November 2019.

Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) No: 117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syari’ah.

Gea, Fikar Damai Setia. “Crowdfunding: Gerakan Baru Kegotong-royongan di Indonesia (Tinjauan Evolusi Gerakan Aksi Kolektif Dalam Media Baru)”. 2016, diakses pada tanggal 7 November 2019.

Hadad, Muliaman D. “Financial Technology (Fintech) di Indonesia”, diakses dari www.scribd.com pada tanggal 9 September 2018.

Jilan, Buya. “Ta’awun untuk Negeri”. 2018. Diakses dari https:// www.uinjkt.ac.id, pada tanggal 10 November 2019.

Novitarani, Anisah, dan Setyowati Ro’fah. “Analisis Crowdfunding Syariah Berdasarkan Prinsip Syariah Compliance Serta Implementasinya dalam Produk Perbankan Syariah”. Jurnal Al Manahij Vol . XII No. 2, Desember 2018.

Panca, Anang. ” Keuangan Mikro Syari’ah dan Fintech Lepas Landas di Asia”, diakses dari kursrupiah.net/ pada tanggal 6 Agustus 2019.

Peraturan OJK Nomor 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding).

Purnomo, Agung. “Mengenal Fintech sebagai Inovasi Bisnis Keuangan”, diakses dari https://binus.ac.id pada tanggal 6 Juli 2019 1.

Rheinm, “Mengenal Equity Crowdfunding atau Urun Dana”, https://digitalis.id, diakses pada tanggal 6 November 2019.

Wahjono, Sentot Imam dkk. “Islamic Crowdfunding: Alternative Funding Solution”, Paper presented at 1st World Islamic Social Science Congress, Putrajaya, Malaysia. 2015.

Wahjono, Sentot Imam dkk. “Islamic Crowdfunding: A Comparative Analytical Study on Halal Financing”. Global Conference on Business and Finance. Las Vegas, Nevada, USA. January 2-5, 2017.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v13i2.6440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ADLIYA : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan is Indexed By:

   

  

Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@gmail.com
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index


View My Stats

  

Lisensi Creative Commons

'Adliya : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.