KEDUDUKAN AKAL DALAM AL-QUR’AN DAN FUNGSINYA DALAM PENDIDIKAN HUKUM ISLAM


Dadang Mahdar(1*)

(1) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini menjelaskan fungsi akal dalam Al-Qur’an yang bisa digunakan untuk merenungi dan memahami aspek kehidupan, ter­ma­suk dalam pendidikan hukum Islam. Akal tidaklah bisa berdiri sendiri. Akal tetap sangat membutuhkan wahyu sebagai piranti untuk membimbing dan mengarahkan fungsinya. Akal ibarat mata. Mata memiliki potensi untuk melihat suatu benda, namun tanpa cahaya mata tidak dapat melihat apa-apa. Apa­bila ada cahaya, maka mata bisa melihat benda dengan jelas. Demikian pula wahyu menjadi cahaya bagi akal untuk memperoleh kebenaran, tak terkecuali bagi Ilmu Pendidikan Islam. Manusia sebagai pelaku dan sasaran pen­didikan tentu memerlukan alat untuk memperoleh pengetahuan dan kebe­naran. Dalam konteks ini, akal dapat menjadi salah satu alat yang berfungsi untuk mengembangkan Ilmu Pendi­dikan Hukum Islam yang sesuai dengan tuntunan wahyu.


Keywords


Akal, Wahyu, Fungsi Pendidikan Hukum Islam, Kebenaran

Full Text:

PDF

References


Abbas Mahmud Aqqad, Al-Insan fi al-Our’an al-Karim. Kairo: Dar al-Islam, 1973.

Abi al-Fida Ismail ibn Katsir al-Qurasyi Damasyqi, Tafsir Ibnu Katsir, Jilid I, Makkah al-Mukarramah: Al-Maktabah al-Tijariyah, 1986.

Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushul al¬Fiqh. Mesir: Dar al-Ma'arif, 1987.

Abu Abdullah bin Muhammad Ismail al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Juz 1, Saudi Arabia: Idaratul Buhuts Ilmiah wa Ifta' wa ad-Dakwah wa al-Irsyad, t.t.

Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, Beirut: Dar al-fikr, t.t.

Ahmad Daud, Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1989.

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006.

Ahmad D. Marimba, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1989.

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan, Jakarta : Penerbit Arga, 2003.

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Al-Husna Baru, 2003.

Harun Nasution, “Manusia menurut konsep Islam”, dalam Islam dan Pendidikan Nasional, Jakarta : Lembaga Penelitian IAIN Jakarta, 1983.

---------, Aqal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta : UI Press, 1986.

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, Bandung : Mizan, 1992.

M. Abdul Mujieb AS, Asbab Nuzul fi Lubabun al-Nuqul, Jakarta : Darul Ihya, 1986.

Mustafa al-Maraghi, Terjemah Tafsir al Maraghi, Semarang : CV. Toha Putra, 1986.

Najmudin, Kecerdasan Akal Menurut Al-Qur’an, artikel dalam http:// najmudincianjur.blogspot.com/2011/09/kecerdasan-akal-menurut-Al-Qur’an.html yang diakses tanggal 12 Januari 2012.

Nasai, Sunan Nasai, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Nurul Ilmi, Penghormatan Islam pada Akal, artikel dalam http:// nurulilmi.com/maudhui/manhaj/14-manhaj/620-penghor-matan-islam-pada-akal.html yang diakses tanggal 12 Januari 2012.

Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1979.

Zulkarnain, Fungsi ‘Aql dan Qalb dalam Al-Qur’an, artikel dalam http://zul-educationblog.blogspot.com/2011/05/fungsi-al-aql-dan-al-qalb-menurut.html diakses tanggal 12 Januari 2012.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v8i1.8621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan



Tools

   

ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan indexed by:

   

   

Publisher:

Faculty of Sharia and Law UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@uinsgd.ac.id
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.

View My Stats