Perbandingan Sifat Koligatif Campuran Larutan Garam (NaCl, KCl, dan Na-Benzoat) dengan Air Zamzam Berdasarkan Berat Jenisnya


Susi Rusdiani(1), Dede Suhendar(2*), Tety Sudiarti(3)

(1) Jurusan Kima, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Kima, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Kima, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sifat koligatif merupakan sifat larutan yang ditentukan oleh jumlah molekul atau ion yang terdapat di dalam larutan. Hubungan antar sifat koligatif dapat dikaji berdasarkan berat jenis larutan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara berat jenis dengan sifat koligatif dari campuran larutan (NaCl, KCl, Na-Benzoat) dan air zamzam. Tahap-tahap penelitian ini terdiri atas preparasi sampel, variasi berat jenis, pengukuran berat jenis (ρ), dan pengukuran tekanan osmosis (π) dengan menggunakan osmometer. Data hasil pengukuran tekanan osmosis kemudian digunakan untuk menghitung penurunan titik beku dan kenaikan titik didih dari rumus yang sudah diturunkan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah molekul zat terlarut dalam campuran larutan garam (NaCl, KCl, dan Na-Benzoat) akan mempengaruhi sifat koligatif pada larutan tersebut, sehingga pada hubungan sifat koligatif (tekanan osmosis, penurunan titik beku, dan kenaikan titik didih) terhadap berat jenis menunjukkan hasil yang linier. Akan tetapi penentuan sifat koligatif berdasarkan berat jenis (ρ) tidak dapat diberlakukan terhadap air zamzam karena pada air zamzam terdapat ion-ion yang mudah terdekomposisi jika variasi berat jenis dilakukan dengan cara penguapan.


Keywords


Kimia Dasar, Kimia Anorganik

Full Text:

PDF

References


Raymond Chang, Chemistry Ninth Edition. New York: McGraw-Hill, 2007.

Nurdiana Pemi, "Studi Pendahuluan Fenomena Sifat Koligatif pada Larutan NaCl dan Air Laut ditinjau dari Penurunan Titik Beku," UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Skripsi 2015.

M Fauziah, "Studi Pendahuluan Sifat Koligatif Berdasarkan Eksperimen dari Larutan KCl dan Air Kelapa ditinjau dari Penurunan Titik Beku," UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Skripsi 2015.

Z S Multazam, "Studi Beberapa Sifat Fisika dan Kandungan Kimia Air Zamzam Serta Perbandingannya dengan Air Minum dalam Kemasan," UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Skripsi 2016.

H Ghrefat, "Classification and Evaluation of Commercial Bottled Drinking Water in Saudi Arabia," Research Journal of Environmental and Earth Sciences, vol. 4, no. 5, p. 213, 2013.




DOI: https://doi.org/10.15575/ak.v4i1.5078

Copyright (c) 2019 Susi Rusdiani, Dede Suhendar, Tety Sudiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CrossrefSINTAGoogle ScholarIndonesia One Search

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.