Pengaruh Lama Penyimpanan dan Penambahan Asam Sitrat pada Nasi di Rice Cooker terhadap Kandungan Nutrisi


Hany Handayani(1), Tina Dewi Rosahdi(2*), Baiq El Viera(3)

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Umumnya, nasi merupakan jenis makanan yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Nasi dimasak oleh masyarakat menggunakan alat pemasak nasi otomati atau disebut dengan rice cooker. Nasi dimasak tanpa dan dengan asam sitrat kemudian dihangatkan selama 48 jam dan dianalisis pada jam penghangatan ke-0, 24 dan 48 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lama penyimpanan dan penambahan asam sitrat pada nasi di rice cooker terhadap kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar nitrogen total, karbohidrat total, serat kasar dan menentukan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN) pada nasi tanpa dan dengan asam sitrat. Lama penyimpanan nasi (0, 24, dan 48 jam) di rice cooker  mempengaruhi kadar air, kadar lemak total, kadar nitrogen total, karbohidrat total, serat kasar dan kadar BETN tetapi tidak mempengaruhi kadar abu. Penambahan asam sitrat pada nasi di rice cooker  mempengaruhi kadar lemak total dengan penyimpanan selama 0 ke 24 mengalami penurunan, sedangkan pada penyimpanan 24 ke 48 jam mengalami kenaikan kadar lemak total.

Keywords


Biokimia

Full Text:

PDF

References


Muli Novianti, Vanny M A Tiwow, and Kasmudin Mustapa, "Analisis Kadar Glukosa pada Nasi putih dan Nasi Jagung dengan Menggunakan Metode Spektronik 20," Jurnal Akademika Kimia, vol. 6, no. 2, pp. 107-112, May 2017.

Luh Made Widhyasari, Ni Luh Nova Dilisca Dwi Putri, and Putu Ayu Parwati, "Penentuan Kadar Karbohidrat pada Nasi Putih dalam Proses Pemanasan Rice cooker dengan Variasi Waktu," Program Studi Analis Kesehatan STIKes Wira Medika , Bali, 2017.

Yessi Hermawati, Ainur Rofieq, and Poncojari Wahyono, "Pengaruh Konsentrasi Asam Sitrat terhadap Karakteristik Ekstrak Antosianin Daun Jati serta Uji Stabilitasnya dalam Es Krim," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, tema "Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global", Malang, 2015, pp. 301-308.

Andy Agus Priyanto, Jayus , and Niken Widya Palupi, "Evaluasi Mutu Nasi Hasil Pemasakan Beras Varietas Ciherang dan IR-66 dengan Rasio Beras dan Air yang Berbeda," Berkala Ilmiah Pertanian, vol. 1, no. 1, 2015.

Radella Hervidea, Zulkifli , and Lulus Lande, "Pengaruh Asam Sitrat, Aluminium dan Interaksinya terhadap Pertumbuhan Kecambah Kedelai (Glycine max L.) Varietas Anjasmoro," Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, vol. 16, no. 3, pp. 132-138, September 2016.

Aninda Ayu Arizka and Joko Daryatmo, "Perubahan Kelembaban dan Kadar Air Teh Selama Penyimpanan pada Suhu dan Kemasan yang Berbeda," Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, vol. 4, no. 4, pp. 124-129, 2015.

Yesshinta Risnawanti, "Komposisi Proksimat Tempe yang Dibuat dari Kedelai Lokal dan Kedelai Impor," Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Artikel Publikasi Ilmiah 2015.

F G Winarno, Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta, Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1992.




DOI: https://doi.org/10.15575/ak.v4i2.5088

Copyright (c) 2019 Hany Handayani, Tina Dewi Rosahdi, Baiq El Viera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CrossrefSINTAGoogle ScholarIndonesia One Search

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.