KONSUMSI DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI EKONOMI MIKRO ISLAM


Ramadhani Irma Tripalupi(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji konsumsi di masa pandemi Covid-19 ditinjau dari Ekonomi Mikro Islam. Terdapat dua fokus pembahasan pada artikel ini yakni: (1) Teori konsumsi pada Ekonomi Mikro, dan (2) Konsumsi di masa pandemi Covid-19 ditinjau dari Ekonomi Mikro Islam. Pendekatan  menggunakan kualitatif,  metode diskriptif dan analisis eksplorasi dengan studi dokumentasi/teks berupa data-data yang terkait dan studi berbagai literatur. Simpulan artikel ini adalah bahwa konsumsi menurut Islam dapat dijelaskan melalui pendekatan-pendekatan teori konsumsi pada ekonomi mikro konvensional,  perbedaannya konsumsi menurut Islam terdapat prinsip-prinsip dan batasan-batasan syariah. Konsep efisiensi dalam ekonomi konvensional adalah memaksimumkan kepuasan keinginan (want), sedangkan dalam kerangka Islam adalah memaksimumkan pemenuhan kebutuhan (need). Konsumen Muslim yang terdampak pandemi Covid-19, akan menghadapinya dengan relatif baik. Segera menyesuaikan ketika permintaannya bergeser atau berubah akibat kondisi tersebut. Karena perilaku konsumsinya telah terlatih dan  terbiasa  berpedoman pada tuntunan agar tidak ishraf, tidak tabdzir serta  halal sehingga diridhoi Allah SWT. Sebagian konsumen tetap dapat menjalankan infaq, ditunjukkan dengan adanya ta’awun selama pandemi Covid-19, sehingga  dalam kegiatan kosumsinya teraih tujuan yakni maslahah, dalam rangka mencapai tujuan yang lebih tinggi yakni kemenangan di dunia dan akhirat.


Full Text:

PDF

References


Buku, Jurnal dan Karya Ilmah:

Hutauruk, Martinus Robert. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Faktor yang Menentukan Perilaku Konsumen untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020.

Ihsan, Fadhel dkk. 2015. Stdi Analisis Pemikiran Muhammad Abdul Mannan tentang Konsep Konsumsi dalam Ekonomi Islam. Prosiding Penelitian SPeSIA 2015.

Irma, Ramadhani. 2008. Perilaku Konsumen Islami. Oiko∑ Jurnal Manajemen Vol 1 No 1 2008, ISSN: 1979-4770.

Janwari, Yadi dkk. 2020. Ekonomi Islam sebagai Disiplin Ilmu. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Karim, Adiwarman. 2010. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kohli, Sajal dkk. 2020. How COVID-19 is Changing Consumer Behavior–Now and Forever. Mc Kinsey & Company. Diakses dari https://www.mckinsey. com/ pada tanggal 15 Desember 2020.

Lipsey, Richard G. dkk. 1995. Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: Binarupa Aksara.

Mannan. 1997. Teori dan Praktik Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa.

Muhammad. 2005. Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE.

Suprihatin, Wiwik. 2020. Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat). Jurnal Bestari Volume 01 Nomor. 01 Agustus 2020.

Syafril, Talidah Putri. 2020. Tren Perilaku Menolong pada Situasi Pandemi COVID-19. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Diakses dari: https://fisip.ub.ac.id/, pada tanggal 21 Desember 2020.

Wahyuni, Sri. 2013. Teori Konsumsi dan Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Akuntabel. Volume 10 No. 1 Maret 2013.

Internet:

A. Rafqie Muhamad Choerul. 2020. Pandemik Covid-19 dan Dampaknya Bagi Depresi Ekonomi Indonesia. Diakses dari https://www. kompasiana.com/ pada tanggal 4 April 2020.

Bank Indonesia. 2020. Perkembangan Terkini Perekonomian dan Langkah BI dalam Hadapi COVID-19 (26 Maret 2020). Diakses dari https://www.bi.go.id/ pada tanggal 20 April 2020.

GfK Digital Research. 2020. Ini Tren Perilaku Konsumen Pasca Krisis Covid-19. Diakses dari https://www. indotelko. com/ pada tanggal 14 Desember 2020.

Kemkes. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 29 April 2020. Diakses dari https://covid19.kemkes.go.id pada tanggal 4 Mei 2020.

Lawi, Gloria F K. 2020. Begini Pergeseran Perilaku Konsumen Baru selama Pandemi Covid-19. Diakses dari https://ekonomi. bisnis.com/ pada tanggal 14 Desember 2020.

Ngabito, Annetly. 2020. Survei PwC: Pandemi Mengubah Perilaku Konsumen. Diakses dari https://www. pwc.com/id/ pada tanggal 14 Desember 2020.

Sirclo. 2020. Bagaimana Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Selama Pandemi COVID-19? Diakses dari https://www.sirclo.com/ pada tanggal 15 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v3i1.12134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.