TEORI KONSUMSI ISLAM


Abdul Basith Zaki(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Jurnal ini akan menjelaskan teori konsumsi Islam yang jarang dilaksakanan oleh umat Islam. Pandangan yang membuat kita mengerti batasan dari sebuah konsumsi. Konsumsi adalah salah satu bagian dari kegiatan ekonomi yang penting, karena tanpa konsumsi maka tidak akan ada kegiatan ekonomi. Globalisasi ekonomi telah memberikan kemajuan yang sangat baik dalam kehidupan manusia. Tetapi, hal ini juga melebarkan potensi kesalahan pemahaman arti dari konsumsi itu sendiri, baik secara epistimoligi, aksiologi, dan ontologis. Bahaya dalam kesalahan memandang arti dari konsumsi bisa menyebabkan kejahatan moral dan etika ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dan konsumen. Hal ini menimbulkan kerugian baik secara ekonomi maupun dampak sosial yang ditimbulkan. Metode penulisan yang digunakan dalam jurnal ini menggunakan literature review. Hasil penelitian dalam jurnal ini menemukan kesimpulan bahwa diperlukannya perbaikan dalam teori konsumsi dalam segi matematis yang bisa menggambarkan suatu permasalahan.

 

Kata Kunci : Islam, Konsumsi, Globalisasi.


Full Text:

PDF

References


Amalia, F. (2014) ‘Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil.’,

Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 6(1), pp. 133–142. doi: 10.15408/aiq.v6i1.1373.

Arif, M. N. R. A. and Amalia, D. E. (2016) Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Prenada Media.

Dena, Taylor (2020) ‘The Literature Review: A Few Tips On Conducting It | Writing Advice’. Available at: https://advice.writing.utoronto.ca/types-of-writing/ literature-review/ (Accessed: 29 October 2020).

Hamid, A. (2018) ‘TEORI KONSUMSI ISLAM DALAM PENINGKATAN EKONOMI UMAT’, 3(2), p. 13.

Harjanto, R. M. A. S. & T. (2018) Ekonomi Mikro, Analisis dan Pendekatan Praktis. Deepublish.

Khusaini, M. (2013) Ekonomi Mikro: Dasar-dasar Teori. Universitas Brawijaya Press.

Mufid, M. (2012) Etika dan Filsafat Komunikasi. Prenada Media. Pujiyono, A. (2006) ‘TEORI KONSUMSI ISLAMI’, p. 12.

Ridwan, Muhammad (2017) "Ekonomi Mikro Islam" FEBI UIN Sumatera Utara.

Syafii, A. et al. (2020) Ekonomi Mikro. Yayasan Kita Menulis. Wijaya, C. A. (2009) ‘FILSAFAT EKONOMI ADAM SMITH’, p. 22.

Wahyuni, Sri (2013) 'Teori Konsumsi dan Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam' Jurnal Akuntabel Volume 10 No 1 Maret 2013




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v3i2.14048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.