DAMPAK COVID-19 TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH


Mardhatillah Ahmad(1*), Lina Yulianti(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu tolak ukur dalam menilai keberhasilan pengelolaan sumber daya suatu perusahaan yaitu dengan melihat kinerja keuangannya. Parameter yang umum dipergunakan dalam menilai kinerja keuangan perusahaan adalah dengan mempergunakan rasio keuangan. Selanjutnya rasio ini akan sangat bermanfaat bagi para pengguna dalam pengambilan keputusan. Dalam kondisi normal, performa keuangan yang dihasilkan akan mencerminkan kondisi yang diharapkan dan dapat menunjukan target pencapaian. Namun untuk kondisi pandemi covid saat ini tentunya akan membawa dampak yang signifikan terhadap kinerja keuangan tersebut. Salah satu sektor usaha yang terkena dampak pandemi covid-19 adalah industri perbankan. Hal ini sebagai akibat banyak diantara debitur yang diberhentikan dari pekerjaan dan terhambat untuk membayar pembiayaan. Sehingga mengakibatkan meningkatnya pembiayaan yang tidak lancar pada bank, yang secara otomatis mempengaruhi performa keuangannya. Pengkajian ini ditujukan untuk menganalisa dampak covid-19 terhadap kinerja keuangan pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah periode 2019-2020. Data diambil dari publikasi laporan keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah periode 2019-2020. Yaitu tiga (tiga) triwulan sebelum pandemi dan 3 (tiga) triwulan pasca pandemi covid. Adapun rasio keuangan yang digunakan adalah tingkat kecukupan modal (CAR), tingkat pengembalian aset (ROA), rasio pembiayaan bermasalah (NPF) dan pembiayaan deposit rasio (FDR). Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan tidak substansial adanya distingsi dari aspek yang dianalisa terkecuali untuk aspek rasio pembiayaan bermasalah (NPF). Dengan demikian secara spesifik penelitian ini merekomendasikan agar Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah lebih meningkatkan lagi pembiayaan melalui intrumen penjadwalan ulang pembayaran (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning) dan penataan kembali (restructuring) serta membuka bidang usaha baru yang tidak terkena dampak covid-19 sebagai upaya meningkatkan rasio Return on Asset (ROA).

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan Bank, CAR, ROA, NPF, FDR.



Full Text:

PDF

References


Almunawaroh, Medina dan Rina Marliana. 2018. Pengaruh Car, Npfdan Fdr Terhadapprofitabilitas Bank Syariah Di Indonesia. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan SyariahVol 2 No.1.

Andrianto dan Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). CV. Penerbit Qiara Media: Surabaya.

Dendawijaya dan Lukman. 2013. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Editor. 2020. Sri Mulyani Ungkap Kondisi Ekonomi R.I Hingga 31 Mei 2020.

Fauzan. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah. MODERNISASI, Vol 7, No 3.

Ilhami dan Husni Thamrin. 2021. Analisis Dampak Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, Vol 4, No 1.

Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasinya. BPFE: Yogyakarta.

Kusjuniati. 2018. Analisis Rasio Kinerja Keuangan KPMM, NPF, ROA, ROE, BOPO dan FDR Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, Vol. 3, No 6.

Makkulau, Andi Runis. 2020.. Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2015-2018. Jurnal Mirai Management, Vol 5, No 2.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/1/PBI/2007 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan (Edisi 4). BPFE. Yogyakarta.

Soemitra, Andri. 2017. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana

Surya, Yoga Adi dan Binti Nur Asiyah. 2020.. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank BNI Syariah Dan Bank Syariah Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. Iqtishadia: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah. Vol 7, No 2.

Wahyuni, Molli dan Ririn Eka Efriza. 2017. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional di Indonesia. International journal of social science and business. Vol. 1.

Wibisono, Muhammad Yusuf. 2017. Pengaruh CAR, NPF, BOPO, FDR, Terhadap ROA yang Dimediasi Oleh Nom. Jurnal Bisnis & Manajemen. Vol. 17, No. 1.

Yuesti, Anik & Putu Kepramareni. 2019. Manajemen Keuangan Jendela Pengelolaan Bisnis. CV. Noah Alethia: Bali.




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v4i1.17100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.