ANALISIS PENERAPAN APLIKASI BERBASIS ONLINE SEBAGAI BENTUK MANAJEMEN STRATEGIS DALAM BERBISNIS (Penelitian di PT Pajajaran Transportasi Executive)


Naila Sri Sukma Ayu(1*)

(1) Fakultas Syariah dan Hukum, UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Pajajaran Transportasi Executive adalah sebuah perusahaan jasa travel door to door dan kurir paket Bandung-Bogor, Bogor-Bandung yang terletak di daerah Panyileukan, Kota Bandung. Ketatnya persaingan usaha di Indonesia, maka dipandang perlu untuk menerapkan sistem manajemen strategis yang efisien agar dapat menguasai potensi pasar yang ada. Salah satu dari kebijakan strategis yang diambil adalah dengan menerapkan sistem aplikasi yang berbasis teknologi online. Selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT dalam menilai kebijakan ini dan pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai tim IT dari perusahaan ini serta pengumpulan data berdasarkan studi dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu dari sekian banyak strategi bisnis yang sesuai dengan perkembangan era industri 4.0. Selain itu, untuk mengetahui tingkat efektivitas sistem yang ditetapkan. Pengetahuan dan wawasan manusia yang tumbuh begitu pesat serta pola pikir dalam peradaban dunia semakin berkembang menjadi alasan terciptanya sebuah aplikasi yang membantu memudahkan seluruh aktivitas manusia di muka bumi.

 

Kata Kunci: Bisnis, Manajemen, Strategis, SWOT.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahdiyana, Marita. 2009. Memperkuat Manajemen Strategis Dengan pengukuran Kinerja Dalam Organisasi Sektor Publik, Universitas Negeri Yogyakarta, hlm.1

Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius. hlm. 1

Bertens, K. loc.cit

Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industri 4.0 : Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidika. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. hlm. 333

Ghufron, M.A. op.cit, hlm. 336

Marita Ahdiyana, op.cit, Hlm.2.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Satya, Eka Venti. Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vol. X, No.9. hlm. 1.

Tripalupi, Ramadhani Irma. Pengelolaan Dokumen Elektronik Layanan Jasa Keuangan Berbasis Financial Technology Center. Jurnal AKSY. hlm. 14.

Wensen, Christian dkk. Penerapan Metode Process Costing System dalam Penentuan Harga Pokok Produksi pada PT. Conbloc Indonesia Surya. FEB: Universitas Sam Ratulangi Manado. hlm. 2.

Wensen, Christian dkk. loc.cit

Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV. Andi Offest, hlm.1

Yunus, Eddy. op.cit, hlm.3.




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v2i1.7866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.