PENDAMPINGAN PENERBITAN JURNAL BIDANG PENDIDIKAN BAGI PENGELOLA JURNAL DI DINAS PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI KARYA ILMIAH GURU


Parmin Parmin(1), Endah Fitriani Rahayu(2*)

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Kenaikan pangkat dan golongan guru di sekolah dilakukan oleh Dinas Pendidikan setiap tahun. Salah satu komponen yang harus dipenuhi dalam penilaian angka kredit tersebut adalah publikasi ilmiah. Tujuan kegiatan standarisasi penerbitan jurnal ilmiah yang dikelola dinas pendidikan dan kementerian agama di Propinsi Jawa Tengah. Pengelolaan jurnal distandarisasi dengan tata kelola jurnal elektronik yang terakreditasi nasional. Sasaran kegiatan pengelola jurnal di kedua instansi. Metode kegiatan dengan melakukan pendampingan dan simulasi. Kondisi jurnal-jurnal yang menerbitkan artikel guru masih sangat memprihatinkan karena belum sesuai dengan perkembangan penerbitan jurnal elektronik saat ini. Hasil simulasi persyaratan minimal jurnal belum terpenuhi untuk e-ISSN, DOI, etika publikasi, dan belum terbit secara elektronik. Para pengelola jurnal sasaran pengabdian memiliki pengetahuan awal yang sangat minim tentang tata kelola jurnal. Nilai pre tes peserta yang dinilai sebelum kegiatan pendampingan rata-rata 40 sedangkan nilai post test rata-rata 75. Setelah dilakukan pendampingan dapat diambil simpulan pendampingan tata kelola jurnal bagi para pengelola jurnal di Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama berdampak pada pengetahuan pengelola jurnal dan tersimulasikan tata kelola jurnal sesuai dengan panduan akreditasi jurnal nasional.

 

Abstract

Promotion and ranks of teachers in schools are carried out by the Department of Education every year. One component that must be fulfilled in the credit rating assessment is scientific publication. Journals publishing teachers' scientific reports have an alarming management system as it is not in line with the current development of electronic journals. This study intends to standardize scientific journal issuance managed by the department of education and the department of religious affairs, central java province, which were the research target. Journal management is standardized by referring to the national accredited electronic journal management. Assistance and simulation were performed in achieving standardization. The simulation revealed that the studied journals have not owned the e-ISSN, DOI, publication ethics, and have not been published electronically. Moreover, the managers of the target journal have limited knowledge about journal management. The pre test scores of the participants before the mentoring were on average 40, while the post test scores on the average 75. The mentoring done for the journal managers in both agencies showed a remarkable impact on their knowledge about journal manager as the simulation, which is according to the set national journal accreditation guidelines, was successfully performed.


Keywords


pendampingan, pengelola jurnal, publikasi.

Full Text:

PDF

References


Almah, H. (2015). Eksistensi Jurnal Ilmiah di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 3(2): 172-184.

Arfi, M. & Ade, T. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru SMK Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, 2(1): 18-21.

Arianto, M. (2010). Membangun Database E-Journal (Penguatan Local Content dan Peningkatan Akses Jurnal-Jurnal Kampus). Al-maktabah, 10(1): 63-81.

Duwi, R., Cicillia, T., & Hendri, Z. (2018). Analisis Kesalahan dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18 (2): 193 – 210.

Erwin, D. (2017). Penerapan Open Science di Indonesia agar Riset Lebih Terbuka, Mudah Diakses, dan Meningkatkan Dampak Saintifik. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1): 25-36.

Fajriah, N., Indah, B., & Riza. (2019). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2): 106-111.

Gorksi, P. (2015). Teacher Action Research. Critical Multicultural Pavilion: Equity Literacy Institute and an Edchange Project.

Iskandar, A. (2018). Implementasi Ketentuan Kenaikan Pangkat Tenaga Fungsional Guru (Studi di Kabupaten Kota Bumi Lampung Utara). Jurnal Pranata Hukum, 13(1): 72-86.

Isa, S., Soewito, B. & Gunawan, F. (2016). Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi Pada Peningkatkan Motivasi Publikasi Para Pendidik. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), 4(2): 243–248.

Kemenristekdikti. (2018). Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1): 94-114.

Pardjono, Nuchron, Surono, Ramdani, S.D. 2017. Analisis Faktor- Faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa PPs UNY pada Jurnal Internasional Terindeks. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 02(02): 139-147.

Putra, R.W. (2017). Sistem Informasi Kenaikan Pangkat Guru pada UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singosari. Journal of Information and Technology, 05(01): 13-17.

Ristek-Brin. (2019). Panduan Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna). Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Sugiyarti, S., Nurfitriani, dan Rajab, V. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Sekolah Dasar se Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian untuk Mu NegeRI, 3(1): 1-5.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.11750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :