MODERNISASI STRATEGI UMKM DEMI RESISTENSI USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19


Anandita Zulia Putri(1*), Ningrum Pramudiati(2), Lulu Amalia Nusron(3), Deden Prasetyo(4)

(1) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(3) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(4) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi maka akan membawa angin segar bagi UMKM dalam meningkatkan eksistensinya di masyarakat. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM Al Barik yang terdapat di desa Sidomulyo Kabupaten Bantul dalam menjalankan usahanya di masa pendemi Covid-19 serta menghadapi perkembangan teknologi. Tim pengabdi lakukan berbagaii strategi untuk mendorong UMKM agar bisa melalui masa sulit selama pandemi Covid-19. Program kerja yang kelompok pengabdi lakukan antara lain adalah membantu UMKM dalam membuat profil dan visi misi, membantu modal awal, pembukuan, pemasaran melalui e-commerce, foto dan video produk, desain kemasan, dan pengelolaan akun usaha. Kegiatan yang tim pengabdi lakukan selama pengabdian berhasil terlaksana dan sukses. Hasil ini dapat dilihat adanya peningkatan penjualan online dari market place, peningkatan keterampilan dalam pembukuan, serta kemampuan dalam melakukan branding produk.

Kata Kunci:  Covid-19, UMKM, Strategi, Modern

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia are currently developing very rapidly. Moreover, the development of technology brings fresh air for MSMEs in increasing their existence in society. The work plan that we are carrying out is a strategy to encourage MSMEs to go through difficult times during the Covid-19 pandemic. The purpose of implementing this activity is to help Al Barik MSME” in Sidomulyo Village Bantul district Yogyakarta in carrying out their business during the Covid-19 pandemic and responding to technological developments. Our work programs include assisting Al Barik MSME in creating the business profile these are vision and mission, assisting initial capital, bookkeeping, marketing through e-commerce, product photos and videos, packaging design, managing business accounts, and improving signboard. Our service activities were carried out well and successfully. These results can be seen in an increase in online sales from the marketplace, increased skills in bookkeeping, and the ability to do product branding.


Keywords


Covid-19; UMKM; Strategi; Modern

Full Text:

PDF

References


Angelina, Y., Octaviani, A., & Triono, B. S. (2020). Pemanfaatan Kulit Pisang dan Tanaman Herbal Sebagai Bahan Pembuatan Es Krim Yang Bernilai Ekonomi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 10.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998 /sosioekons.v10i1.2223

Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548 /jebi.v3i2.182

Philip, Kotler (2000), Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International, Inc, Kotler, Phillip & Amstrong, Gary (1996), Principles of Marketing.Prentice Hall.Inc

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11

Puspitasari, N. P. D., Ainun, D.N., Reffan B., Nandar D. C., Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI, Volume 2 Nomor 2.

Sugiarti, E. N., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2019). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. E-Jra, 08(4), 90–104.

Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Ekonomi Pembangunan, 3(12), 576–585.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.12009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :