PELATIHAN PEMANFAATAN KALKULATOR ONLINE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMTIKA BAGI GURU-GURU DI KABUPATEN CIREBON


Sumarni Sumarni(1*), Nuranita Adiastuty(2), Rahayu Syafari(3)

(1) Program Studi Pendidikan matematika, Universitas Kuningan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan matematika, Universitas Kuningan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan matematika, Universitas Kuningan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya pemahaman siswa akan materi yang digunakan dalam permasalahan literasi matematika dan kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Literasi matematika berbasis ICT dapat dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi saat ini dengan menyesuaikan kondisi sekolah atau siswa setempat. Kendala yang dialami saat ini di Indonesia adalah minimnya tenaga guru matematika yang kompenten dalam bidang ICT. Pemanfaatan ICT dalam literasi matematika sangatlah penting, sesuai tujuan literasi matematika disini supaya dapat membantu siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, tim pengabdian melaksanakan pelatihan pemanfaatan kalkulator online untuk meningkatkan literasi matematika bagi guru-guru di Kabupaten Cirebon. Materi pengabdian meliputi Pengenal literasi matematika; Pengenalan lietrasi ICT; Pentingnya literasi matematika; Praktik memanfaatkan kalkulator online dalam literasi matematika. Pelatihan menggunakan teknik ceramah, tanya jawab, dan simulasi agar guru mendapatkan pengalaman langsung dan mendapat pengayaan dari tim pengabdian. Kegiatan pengabdian berdampak pada peningkatan motivasi dan kemampuan guru memanfaatkan kalkulator online dalam literasi matematika. Seluruh peserta pelatihan memiliki pandangan positif terhadap pelatihan pemanfaatan kalkulator online untuk meningkatkan literasi matematika dan memandang tingkat kebermanfaatan pelatihan pada tingkat bermanfaat dan sangat bermanfaat

Keywords


Kalkulator online; Literasi ICT; Literasi Matematika.

Full Text:

PDF Untitled

References


Agung, I., Yufridawati, Sulistyo, F. D., Susanto, A. B., & Efaria, L. 2019. Strategi Pengimbasan Pembelajaran Kreatif Guru Penggerak. Jakarta.

Fathani, A. H. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Mulptiple Intelligences. EduSains, 4(2), 136–150.

Helaluddin. 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS, I(1), 44–55.

Larasaty, B. M., Mustiani, & Pratini, H. S. 2018. Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Bopkri 3 Yogyakarta melalui pendekatan PMRI berbasis PISA pada materi pokok SPLDV. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia pp. 622–633.

Masjaya, & Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1) , 568–574).

Samo, D. D., & Dominikus, W. S. 2019. Pelatihan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika bagi guru matematika se-Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang, Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 372–377.

Sari, R. H. N. 2015. Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 PM (pp. 713–720).

Suhendri, H., Ningsih, R., Retnowati, R., & Pakuan, U. 2020. Analisis Literasi Teknologi Informasi Guru Matematika SMK Swasta Jakarta Selatan Ditinjau dari Aspek Manajemen Pendidikan. TADBIR Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 291–302.

Sulistyawati, A. 2018. Pemanfaatan ICT Dalam Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1), pp. 853–859).

Sumarni, Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. 2020. Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–24.

Syahlan. 2015. Literasi Matematika Dalam Kurikulum 2013. Keguruan; Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 3(1), 36–43.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.15434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :