PENDAMPINGAN LITERASI MENULIS KARYA ILMIAH PADA SISWA MAN 1 KABUPATEN CIREBON


Theguh Saumantri(1*), Ihsan Sa’dudin(2), Eka Safitri(3)

(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(3) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Salah satu program prioritas kemendikbud dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah literasi pendidikan. Literasi kini sudah menjadi program yang diwajibkan oleh pemerintah melalui pembelajaran yang ada di sekolah. Menulis merupakan salah satu bagian dalam mengaktualisasikan budaya literasi. PKM ini dilakukan sebagai sarana pendampingan kepada siswa MAN 1 Kab. Cirebon dalam penguatan literasi menulis karya ilmiah dalam persiapan mengikuti Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES). Dalam pengabdian kepada masyarakat ini digunakan metodologi Participatory Learning and Action (PLA), sebagai strategi untuk mencapai tujuan dari pengabdian. Dalam aktualisasi PLA, peran utama abdimas adalah membuka ruang dialog, membantu mengembangan refleksi dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dan analisis kritis. Hasil dari pendampingan dalam pengabdian ini adalah siswa mampu membuat sebuah judul penelitian, parafrase, latar belakang, metode dan mengetahui bidang-bidang keilmuan dalam menulis karya ilmiah.

 

Abstract

One of the priority programs of the Ministry of Education and Culture in creating quality human resources is educational literacy. Literacy has now become a program required by the government through learning in schools. Writing is one part of actualizing the culture of literacy. This PKM is carried out as a means of mentoring MAN 1 students of Cirebon Regency in strengthening the literacy of writing scientific papers in preparation for participating in the Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES). In this community service, the Participatory Learning and Action (PLA) methodology is used as a strategy to achieve the goals of the service. In the actualization of the PLA, the main role of the abdimas is to open up spaces for dialogue, helping to develop reflection in the improvement of participants' knowledge and skills and critical analysis. The result of mentoring in this service is that students are able to make a research title, paraphrase, background, method and know the scientific fields in writing scientific papers.


Keywords


Literasi; Menulis; MAN 1 Kab. Cirebon

Full Text:

PDF

References


Arif Widodo, U. (2021). analisis kesulitan mahasiswa PGSD dalam menulis ilmiah. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1312

Asep Saeful Rohman, P. dan A. Y. (2017). Workshop Literasi Informasi Dan Penulisan Ilmiah Bagi Kalangan Guru SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v6i4.14831

Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI Bagi Guru dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 98–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21760

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Ekadiansyah, E. (2020). The Role of Literacy in the Development of Critical Thinking Abilitie. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Fakhru Ahsani, E. L., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Anggita Ningsih, W. N., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 228–236. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115

Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Literasi, 4(1), 67–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3459

Hijiriah, S. (2017). Kajian Struktur, Fungsi, dan Nilai Moral Cerita Rakyat Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/rb.v3i1.11819

Indriati, E. (2008). Menulis Karya Ilmiah. Gramedia Pustaka Utama.

Jaka Warsihna. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsa: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80

Juniawan, F. P., Marini, M., Sylfania, D. Y., Antonius, F. R., & Gautama, S. (2021). Penerapan Metode Participatory Learning and Action (PLA) pada Pelatihan Uji Kompetensi Kejuruan. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 257–265. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.215

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010208

M. Doyin dan Wagiran. (2012). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Negeri Semarang Press.

Marselina, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas Xi Man I Kota Sungai Penuh. Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–21. http://www.antaranews.com/berita/330125/lipi-

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke - 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Periantalo, J. (2018). Propertis Psikometris Skala Sikap Terhadap Pelajaran Sosial Humaniora. Jurnal Ilmu Perilaku, 1(2), 98. https://doi.org/10.25077/jip.1.2.98-109.2017

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan PTK dan Artikel Ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51. https://doi.org/10.17977/um050v4i1p51-56

Siti Pitrianti, R. G. (2020). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMA Terbuka. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 92–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4283

Siwi, D. A., & Sari, N. K. (2019). Role of Teachers Class as A Motivator and Guidance Students in Education of Discipline Character Through Movement of School Literation According to Nawacita in Elementary School of Gabus 01 Pati 2017/2018 Academic Year. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(1), 1. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i1.459

Yunus Abidin, Tita Mulyati, H. Y. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Zulmiyetri, Safaruddin, N. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.19416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :