PENINGKATAN KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA BERBASIS EDUCATIONAL TECHNOLOGY


Anwar Sanusi(1*), Hansein Arif Wijaya(2), Padhil Hudaya(3), Ade Bayu Saputra(4)

(1) Universitas Jambi, Indonesia
(2) Universitas Jambi, Indonesia
(3) Universitas Jambi, Indonesia
(4) Universitas Jambi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Abad 21 dengan globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, menyebabkan banyak perubahan dalam menjalani hidup, termasuk dalam proses pembelajaran. Teknologi pendidikan menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini, tim pengabdian dosen Universitas Jambi (UNJA) menganalisis kemampuan guru-guru di SMPN 17 di Kota Jambi tentang penggunaan media teknologi dalam pengajaran sebagai bagian dari upaya peningkatan kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) berbasis Educational Technology. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para guru menggunakan EdTech dalam pelaksanaan pembelajaran. Lewat metode ceramah, demonstrasi dan pendamping peserta, dapat dilihat bahwa setelah dilaksanakan observasi awal dengan langkah wawancara, para guru sebagian besar belum menggunakan media teknologi sepenuhnya karena ketidaktahuan dalam penggunaan. Akibatnya, pelatihan EdTech ini sangat penting untuk membantu guru memanfaatkan media teknologi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. Proses pelatihan ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Tim pengabdian menganalisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara dengan guru selama tahap perencanaan. Karena mereka belum pernah mengikuti pelati, guru menganggap pelatihan dan pendampingan EdTech sangat penting, menurut hasil wawancara. Pelatihan dilakukan secara tatap muka dengan narasumber yang ahli dalam penggunaan EdTech, yang memberi peserta kesempatan untuk berbicara dan mengajukan pertanyaan. Setelah pelatihan selesai, peserta diharapkan dapat memiliki peningkatan kompetensi TPACK serta pemahaman dan ilmu dalam penggunaan EdTech pada proses pembelajaran di kelas.

Abstract
The 21st century, with globalization and rapid technological developments, has caused many changes in living life, including in the learning process. Educational technology is something that is really needed in the learning process. In this article, the Jambi University (UNJA) lecturer service team analyzes the abilities of teachers at SMPN 17 in Jambi City regarding the use of technological media in teaching as part of efforts to increase Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) competencies based on Educational Technology. This research aims to find out the extent to which teachers use EdTech in implementing learning. Through lecture methods, demonstrations and accompanying participants, it can be seen that after carrying out initial observations using interview steps, most of the teachers have not used technological media fully due to ignorance in their use. As a result, EdTech training is very important to help teachers utilize technological media in planning, implementing and assessing learning. This training process includes planning, implementing and evaluating activities. The service team analyzes needs through observations and interviews with teachers during the planning stage. Because they had never taken training, teachers considered EdTech training and mentoring very important, according to interviews. Training is conducted face-to-face with resource persons who are experts in the use of EdTech, which gives participants the opportunity to talk and ask questions. After the training is complete, participants are expected to have increased TPACK competenc


Keywords


abad 21, eduTech, kompetensi guru, pelatihan, TPACK

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). What happens when teachers design educational technology? The development of technological pedagogical content knowledge. Journal of educational computing research, 32(2), 131-152. https://doi.org/10.2190/0EW7-01WB-BKHL-QDYV.

Koehler, M. J. , Punya Mishra, Mete Akcaoglu, Joshua M. Rosenberg. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. ICT integrated teacher education models (pp. 1-8). New Delhi, India: Commonwealth Educational Media Center For Asia

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175-182. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

Nuha, I. U., Lathief, M. A., & Yuliati N. (2020). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(2), 13-16. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22674

Nuraini, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 659-666. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1045

Quddus, A. (2019). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213-230. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65-74. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Rochman, C., & Gunawan, H. (2011). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru: Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani Oleh Siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sanusi, A., & Haq, F. Y. A. (2021). Pembelajaran bahasa Arab melalui penggunaan media Adobe Animate CC di sekolah. Al-Ma ‘rifah, 18(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.01.01

Sanusi, A., Ainin, M., Muassomah, M., Maulana, D., & Maimunah, I. (2022). Exploring Planning for Teaching Arabic as a Foreign Language at Senior High School: Teacher’s Didactical Competencies. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(2), 439-464. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v6i2.5166

Sanusi, A., Sauri, S., & Nurbayan, Y. (2020). Non-native Arabic language teacher: Low teacher’s professional competence low quality outcomes?. Arabiyat: Journal of Arabic Education & Arabic Studies/Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 45-60. https://doi.org/10.15408/a.v7i1.12722

Sauri, S. Saepulloh., & Sanusi, A. (2021). Guru Profesional Abad 21. Jakarta: Mustika Ilmu.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836-2846. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3324

Suryawati, E., Firdaus L.N., & Yosua H. (2014). Analisis Keterampilan Technologica Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. Vol 11(1). 67-72. http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.11.1.67-72

Susanto, S., Muafiah, E., Desrani, A., Ritonga, A. W., & Hakim, A. R. (2022). Trends of Educational Technology (EdTech): Students’ Perceptions of Technology to Improve the Quality of Islamic Higher Education in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(6), 226-246. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.6.14

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Tobing, J. A. D. E., Isa, S. F. P., Munawaroh, S. Z. A., & Windayana, H. (2021). Strategi pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi (multiplatform) di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), 113-120. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.45723

Nurbayan, Y., Sanusi, A., Saleh, N., & Khalid, S. M. (2022). Digital library utilization; strategies to improve digital Islamic literacy for religion teachers. Edureligia: Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 150-160. https://doi.org/10.33650/edureligia.v6i2.4536

Wijaya, H. A. (2023). Kepemimpinan Partisipatif Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Journal on Education, 6(1), 8387-8391. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4264

Sanusi, A., Mubarak, M. R., & Al-Rawafi, A. (2022). Praxeology Concept: Investigating the Actions of Primary School Teachers in Achieving Arabic Teaching. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 9(1), 85-96. http://dx.doi.org/10.15408/a.v9i1.22636




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v6i2.30464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :