Pelatihan Tentang Keterampilan Membaca Bagi Para Guru Sekolah Di Kecamatan Regol Kota Bandung


Ahmad Agus Sulthonie(1*), M. Taufiq Rahman(2)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan kajian penelitian. Kajian ini membahas tentang keefektifan pelatihan membaca bagi guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Regol Kota Bandung. Tujuan kajian ini yakni untuk memahami bagaimana pelatihan tersebut dapat membawa kemajuan bagi guru-guru dalam membaca, sehingga dapat ditularkan kepada anak-anak didik mereka. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelatihan membaca dapat meningkatkan kemampuan dalam memilih, mencerna, menyampaikan, dan menggunakan bacaan. Kemampuan-kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan cara sering berkesadaran pada materi-materi tentang membaca yang dilatihkan dalam pelatihan membaca di atas. Pada gilirannya kemampuan tersebut dapat ditransferkan kepada anak-anak didik para guru tersebut, seperti dalam laporan pendampingan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat.


Keywords


Kecamatan Regol; Bandung; membaca cepat; pelatihan membaca

Full Text:

PDF

References


Applebee, A.N.; J.A. Langer; M. Nystrand; dan A. Gamoran. (1993). Instructional Scaffolding: Reading and Writing as Natural Language Activities. Urbana, Illinois: National Council of Teachers of English.

Atkins, P.W. (1999). Kimia Fisika. Terjemahan Kartahadiprojo Irma I, edisi ke-2. Jakarta: Erlangga.

Baroody, A.J. (1993). “Fostering the mathematical learning of young children. In B. Spodek (Ed.), Handbook of Research on the Education of Young Children. New York: Macmillan.

Cai, J.; Mary S. Jakabcsin; dan Suzanne Lane LDRC. (1996). Assesing Student’s Mathematical Communication. In School Science and Mathematics. Wiley Online Library. URL: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1949-8594.1996.tb10235.x/abstract [10/2/2017].

Collins, William; Linda Dritsas; Patricia Frey-Mason; Arthur C. Howard; Kay McClain; David D. Molina; Beatrice Moore-Harris; Jack Ott; Ronald S. Pelfrey; Jack Price; Barbara Smith; and Patricia S. Wilson. (1998). Mathematics: Applications and Connections. New York: Glencoe/McGraw Hill.

Conant, James Bryant. (1995). American High School Today. [1959]. New York: McGraw Hill Inc.

Ismail, Taufik. (2003). Agar Anak Bangsa Tak Rabun Membaca Tak Pincang Mengarang. Pidato Pengukuhan. Yogyakarta: UNY.

NTCM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Rifai, Mien A. (1997). Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Cetakan kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tarigan, H.G.; Aceng Ruhendi Saifullah; dan Kholid A. Harnas (eds.). (1989). Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Taufik, Mohammad; N.S. Sukmadinata, Ishak Adulhak, dan Bernard Y. Tumbelaka. (2010). Potret Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung. Seminar Nasional HFI 2010 Pendidikan dan Penelitian Fisika dalam Mengantisipasi Perubahan Fenomena Alam. Bandung: Universitas Padjadjaran.

UNDP. (2016). Human Development Report 2016: Human Development for Everyone. New York: United Nations for Development Programme.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :