PROGRAM EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP BAGI SISWA RA UNTUK MEMAHAMKAN KONSEP “KANG PISMAN” MELALUI KEGIATAN BERMAIN


Dede Trie Kurniawan(1*), Sri Maryanti(2), Astri Yuliawati(3), Nailah Tresnawati(4)

(1) FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Sunan Gunung Djati,  
(3) Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Sunan Gunung Djati,  
(4) FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Sampah adalah masalah dunia. Perlu sebuah  aksi pengurangan sampah dari hulu dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Berbagai macam sampah sebagai hasil samping kegiatan manusia terus diproduksi setiap harinya, maka Perlu adanya pembenahan budaya bagi masyarakat indonesia mengenai pengelolaan sampah plastik. Penanaman nilai kebersihan lingkungan terhadap anak sejak dini sangatlah penting, karena Anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan berada pada proses imitasi dengan melihat apa yang orang dewasa di sekitarnya lakukan. Perlu dilakukan kegiatan edukasi lingkungan hidup mengenai gaya hidup bijak dalam penggunaan plastik melalui kegiatan mewarnai tas pakai ulang (Totebag) bagi anak anak. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana edukasi lingkungan hidup dalam menanamkan sebuah gaya hidup “Zero Waste” melalui moto kang pisman (kurangi, pisahkan dan manfaatkan) kepada siswa RA disalah satu RA Kabupaten Bandung. Secara Garis besar Pelaksanaakan kegiatan ini dapat dikategorikan sukses dan berjalan dengan baik. Hal ini dapat ditunjukan dengan sebagian besar pemberian respon dari peserta siswa RA, Guru dan Kepala sekolah RA yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik karena dapat memberikan manfaat dan memperluas wawasan mereka selaku anggota masyarakat yang di lingkungan mereka terkenal selalu rawan kejadian banjir akibat penanganan sampah plastik yang tidak baik.


Keywords


Environmental Education, Early Childhood Education, Plastic Bag Diet

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M., 2008. Peran Pemerintah, Industri Ritel, dan Masyarakat dalam Membatasi Penggunaan Kantong Plastik Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.

Asih, Novi Tri.2018. Pengelolaan Sampah Disekolah (Studi Tentang pembentukan karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 3 Bancarkembar Kabupaten Banyumas). Skripsi. Jurusan PAI FTK IAIN Purwokerto.

Billah, Muhammad Naufal Mu’tahsim.2013. Diet Kantong Plastik, Dari Kantong plastik Ke Tas Ramah Lingkungan. Jurusan Administrasi Publik. FISIP UNDIP Semarang.

Choirul Amri dan Wahyu Widyantoro. (2017). Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1. International Journalof Community Service Learning. Vol.1 (3) pp. 121-126.

Dani Sucipto, Cecep. 2012. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Dwiyatmo, Kus. 2007. Pencemaran Lingkungan dan Penanganannya. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Gunarsa, S. . (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Nasih, W. . (2010). Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan di Sekolah, Pelatihan Pengembangan Sekolah Hijau untuk guru-guru SMK RSBI se-DIY. LPPM UGM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi DIY.

Wibisono, Clarry Hugh., 2011. Sosialisasi Gaya Hidup Cermat Menggunakan Kantong Plastik Melalui Kampanye Cemerlang. Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Kristen Maranatha.

Wintoko, Bambang. 2012. Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah Keuntungan Ganda Lingkungan Bersih dan Kemapanan Finansial. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v2i1.4591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :