Analysis of context utilization in mathematics learning based on teacher competency


Ikbal Pauji(1*), Eritha Dewi Febrianty(2), Tatang Herman(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemahaman konteks matematika merupakan kemampuan yang penting dikuasai siswa dalam rangka memaknai matematika. Namun data lapangan menunjukan pemahaman konteks yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan konteks yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran matematika serta mengetahui faktor – faktor apa saja yang menjadi penghambat sekaligus pendukung pemanfaatan konteks dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Partisipan penelitian ini adalah guru matematika sekolah SLTA sebanyak 8 orang yang sudah mengajar setidaknya 2 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan konteks yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran matematika masih mengalami keterbatasan baik dari segi metode penyampaian maupun dari segi jenis konteks yang digunakan. Adapun faktor – faktor yang menjadi penghambat sekaligus pendukung pemanfaatan konteks dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan guru, jenis dan tingkat kesulitan materi, kemampuan dan motivasi siswa, serta ketersediaan media.

 

Understanding the context of mathematics is an important ability for students to master in order to interpret mathematics. However, field data shows that students' understanding of the context is still relatively low. The purpose of this study is to analyze the use of context by teachers in learning mathematics and to find out what factors inhibit and support the use of context in learning mathematics. This study uses a qualitative approach with phenomenological research methods. The participants of this study were 8 high school mathematics teachers who had taught for at least 2 years. The results of this study indicate that the use of context by teachers in learning mathematics is still experiencing limitations both in terms of the method of delivery and in terms of the type of context used. The factors that inhibit and support the use of context in learning mathematics are the ability of the teacher, the type and level of difficulty of the material, the ability and motivation of students, and the availability of media.

 


Keywords


Context, Learning Mathematics, Phenomenology

Full Text:

PDF

References


Aji, T., Krissandi, A., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan Penalaran Matematis dan Minat Belajar pada Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Indoneisa, 2(1), 1–13.

Asesmen Kompetensi Minimum. (n.d.). Pusat Asesmen Pendidikan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Developing Mathematical Questions of PISA Model by Using Jambi Context. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning. Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Pearson Education.

Darto, D., Kartono, K., Mulyono, M., & Widowati, W. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan dan Tulis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 244–250. ttp://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/%0APembelajaran

Febrianty, E. D., Syaf, A. H., & Nuraida, I. (2022). Application of Group Resume Learning with Contextual Approach on Mathematical Problem Solving. Jurnal Analisa, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.22231

Guhn, M., Gadermann, A., & Wu, A. D. (2016). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 6737–6739. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3063

Gusmawan, D. M., & Herman, T. (2022). Analysis of Numerical Aspects in School Education Report. Jurnal Analisa, 8(2), 107–116. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19550

Johnston-Wilder, S., Johnston-Wilder, P., Pimm, D. J., & Lee, C. (2010). Learning to Teach Mathematics in the Secondary School: a Companion to School Experience (3rd ed.). Routledge.

Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan komunikasi dan pengelolaan kelas calon guru matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68–83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). Guepedia.

Kurniawan, H., & Susanti, E. (2021). Kesiapan guru: Penggunaan konteks dalam proses pembelajaran matematika. Nabla Dewantara, 6(2), 116–124. http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/349

Lisnani, L. (2019). The Effect of Use of Leaf Context on Students’ Learning Outcomes. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.555

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Publications. SAGE Publications.

Mohajan, D., & Mohajan, H. K. (2022). Exploration of Coding in Qualitative Data Analysis: Grounded Theory Perspective. Research and Advances in Education, 1(6), 50–60. https://doi.org/10.56397/rae.2022.12.07

Nurul Hikmah, S., & Hendra Saputra, V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148

OECD. (2016). Education at a glance 2016: Korea. December, 1–7. http://www.oecd-ilibrary.org/docserver/download/eag-2007-sum-en.pdf?expires=1450309401&id=id&accname=guest&checksum=8ECF2407785157EC8F65BDED3FAC43C4

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing, 1(1), 1–198. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316%0Ahttps://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-e

OECD. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Pauji, I., Kusharyadi, R., & Khotimi, A. Z. (2023). ANALISIS BIBLIOMETRIK : TREN RISET EPISTEMOLOGICAL OBSTACLE DARI TAHUN 2000 – 2022. 6(3), 1099–1112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17583

Quilter, D., & Harper, E. (2006). Why we didn’t like mathematics, and why we can’t do it. Educational Research, 30(2), 121–134.

Rahmwati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 4(1), 59–65.

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387

Silaban, R., & Mauliadi. (2019). Kajian Mengenai Pentingnya Implementasi Pembelajaran Dengan Orientasi Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, I S B N : 9 7 8-602-53076-1-4, 240–245.

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Suryadi, D. (2010). Penelitian Pembelajaran Matematika Untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yogyakarta, 1(November), 1–14.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Assessment and Realistic Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (Issue January 1996). Freudenthal institute. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Windyariani, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks & Kreativitas (1st ed.). DEEPUBLISH.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v9i1.25644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id