Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan Newman pada materi aritmatika sosial

Authors

  • Ryanti Nur Ika Puspaningrum IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti
  • Rippi Maya

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8391

Keywords:

Aritmatika Sosial, Tahapan Newman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial, dengan jumlah subjek 37 siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen tesnya berupa soal uraian (esai) yang berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian, persentase rata-rata siswa melakukan kesalahan pada tahap membaca soal sebesar 0%, memahami masalah sebesar 23,2%, transformasi masalah sebesar 28,6%, pada keterampilan proses sebesar 44,9%, dan penulisan jawaban akhir sebesar 78,4%. Dari hasil analisis diperoleh bahwa siswa melakukan empat jenis kesalahan yaitu: Kesalahan dalam penulisan satuan uang; Kesalahan dalam menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan; Kesalahan dalam menggunakan rumus; dan Kesalahan dalam penarikan kesimpulan.

References

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Euclid, 2(2), 341-351.

Fitriatien, S. R. (2019).Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-56.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnesa Journal of Mathematics Education, 5(1), 8-15.

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah.Jurnal Pengajaran MIPA,16(1), 139-147.

Published

2020-06-09