Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan Newman pada materi aritmatika sosial


Ryanti Nur Ika Puspaningrum(1*), Euis Eti Rohaeti(2), Rippi Maya(3)

(1) ,  
(2) ,  
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial, dengan jumlah subjek 37 siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen tesnya berupa soal uraian (esai) yang berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian, persentase rata-rata siswa melakukan kesalahan pada tahap membaca soal sebesar 0%, memahami masalah sebesar 23,2%, transformasi masalah sebesar 28,6%, pada keterampilan proses sebesar 44,9%, dan penulisan jawaban akhir sebesar 78,4%. Dari hasil analisis diperoleh bahwa siswa melakukan empat jenis kesalahan yaitu: Kesalahan dalam penulisan satuan uang; Kesalahan dalam menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan; Kesalahan dalam menggunakan rumus; dan Kesalahan dalam penarikan kesimpulan.


Keywords


Aritmatika Sosial; Tahapan Newman

References


Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Euclid, 2(2), 341-351.

Fitriatien, S. R. (2019).Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-56.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnesa Journal of Mathematics Education, 5(1), 8-15.

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah.Jurnal Pengajaran MIPA,16(1), 139-147.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id