Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566Keywords:
Matematika, kemampuan koneksi matematis, trigonometriAbstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan merupakan salah satu standar proses pembelajaran matematika yang dirumuskan oleh NCTM. Apabila siswa tersebut mampu mengaitkan ide-ide yang ada dalam matematika maka pemahaman terhadap matematikanya akan bertahan lama dan semakin mendalam. Begitu pentingnya kemampuan koneksi matematis terhadap suatu pembelajaran, maka dilakukanlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa serta kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh siswa terkait soal koneksi matematis terhadap materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas salah satu SMK di Cianjur sebanyak 29 orang. Bentuk pengambilan datanya yaitu dengan pemberian soal tes uraian tertulis sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan hasil analisisnya, didapatkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa di jenjang SMK pada materi trigonometri tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dari setiap indikatornya. Rendahnya kemampuan koneksi matematis tersebut karena ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa diantaranya yaitu kesalahan konsep, kesalahan keterampilan komputasi, dan kesalahan interpretasi bahasa
References
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2), 172–179. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 15–22.
Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Lineas Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 309–316.
Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan koneksi matematis dan metode pembelajaran quantum teaching dengan peta pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–87. https://doi.org/10.13989/j.cnki.0517-6611.2015.10.011
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Nugraha, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Puspitawati, V. S., & Agasi, G. R. (2017). PENGGUNAAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp147-158
Putri, I. P., Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA REALIA SISWA KELAS 4 SDN DADAPAYAM 01. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.35-42
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, VI(1), 1–8.
Suhandri, S., Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.1919
Turiman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Prisma, 7(2), 206. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.374
Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNIP I].
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).