Perspektif Wartawan kota Bandung Tentang Media Sosial


Rizal Sayyid Akbar(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Media sosial sudah menjadi salah satu mitra kerja wartawan dalam menjalankan pekerjaannya di dunia jurnalistik. Hampir semua wartawan mempunyai akun media sosial pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif wartawan Kota Bandung terhadap Media Sosial. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekaran kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media sosial dalam kehidupan sehari-hari wartawan Kota Bandung dikategorikan menjadi dua yakni untuk berkomunikasi dan sebagai ajang promosi. Selanjutnya pemanfataan media sosial sebagai sumber berita menurut perspektif wartawan Kota Bandung dikategorikan menjadi dua yakni sebagai data awal dan sebagai bahan konfirmasi. Kualitas informasi yang bersumber dari media sosial, wartawan Kota Bandung mempunyai dua kategori mengenai informasi yang berkualitas, yakni yang mengandung nilai berita dan tidak  mengandung informasi hoax.

Kata Kunci : Perspektif; Wartawan; Media Sosial

ABSTRACT

Social media has become one of the work partners of a journalist in carrying out his work in the world of journalism. Almost all journalists have personal social media accounts. The purpose of this study is to find out how the perspective of Bandung City journalists on Social Media. The research method uses a descriptive method with a qualitative approach. The results 

of the study show that the use of social media in the daily lives of Bandung City journalists is categorized into two, namely to communicate and as a promotional event. Furthermore, the use of social media as a source of news according to the perspective of Bandung City journalists is categorized into two, namely as initial data and as confirmation material. And the quality of information sourced from social media, Bandung City journalists have two categories regarding quality information, namely those that contain news value and do not contain hoax information.

Keywords : Perspective; journalists; Social media


Keywords


Perspective; journalists; Social media

Full Text:

PDF

References


Alam, Wahyu. 2014. Media Sosial Masa Depan Media Komunitas.

Yogyakarta: Combine Resources Institute (CRI).

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Khoyin, Muhamad, dkk. 2018. “Penggunaan Lead Berita Pada Media Sosial” dalam Jurnal Annaba Jurnal Ilmu Jurnalistik, Vol. 3 No. 4 2018.

Krug, Gary. 2005. Communication Technology and Cultural Change.

London: Sage Publications.

LaRose, Starubhaar. 2004. Media Now. USA: Thomson Learning. Ma’arif, Abdul aziz, dkk. 2018. “Pengelolaan Media Sosial Instagram

Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat” dalam Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, Vol. 3 No. 1 2018.

McLuhan, M. 1964. Understanding Media: The Extensionsnof Man.

London: MIT Press.

McLuhan, M. 2003. Understanding Media. London: Routledge.

Moleong, Lexy J. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Muhadjirin, Noeng. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Neti, Sisira. 2011. Social Media and It’s Roll in Marketing.

International Journal of Enterprice Computing and Bussines.

Nuraeni, Reni. 2017. “Peran Media Sosial dalam Tugas Jurnalistik (Studi Kasus pada Kegiatan Jurnalis Kota Bandung)” dalam Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), Vol 3 No. 1 Juni 2017.]

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.

Jakarta: PT: Gramedia.

Rahmadi, Arif. 2016. Tips Produktif Ber-social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Romli, Asep Syamsul M. 2008. Kamus Jurnalistik. Bandung: Simbiosa.

Sumadiria, Haris. 2014. Jurnalistik Indonesia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Thurlow, Lengel and Tornic. 2004. Computer Mediated Communications. London: Sage Publications.

Utama, Yakub. 2008. Sejarah Media Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainudin, A. Rahman. 2006. Sejarah Sosial Media dari Gutenberg sampaiInternet. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.