Penerapan Prinsip Jurnalistik Bill Kovach Pada Media Komunitas


Devy Indriyana Putri(1*), Dadan Suherdiana(2), Dono Darsono(3)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

Communication media began to develop after the reform era, to be precise in 1998. Community media is a type of media, both print and electronic, that is present in certain communities or communities. The main character of community media is that it has a limited (local) reach. UrbanCikarang is one of the largest community media outlets in Bekasi District, which has been established for six years and has become an information forum for Bekasi District residents who can provide various information from news about government and other information that is happening in Bekasi District. UrbanCikarang is one of the community media that represents Bekasi Regency in several community media competitions at both the regional and national levels and has received several awards, one of which being the best ICT community at the West Java Province level in 2015.

Keywords: UrbanCikarang, Journalism, Community Media

 


Keywords


Urbancikarag, Jurnalistik, Media Komunitas

Full Text:

PDF

References


Aniatsari, I. (2018). Pemberitaan Konflik FPI dan GMBI pada Pikiran Rakyat, Republika dan Tribun Jabar dalam Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik Volume 3 (1).

Assegaf, D. H. (1991). Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Burhan, A. B. (2017). Politik Strategis Berbasis Internet pada Akun Facebook Komunitas Petani Indonesia dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 (2)

Burhan, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Damara. D. 2018. Strategi PenyiaranProgram Mandasi Membanggakan di Radio Komunitas 107.2 FM dalam Annaba Jurnal Ilmu Jurnalistik Volume 3 (4).

Darissalam, A. (2017). Kebijakan Redaksional MQTV dalam Penyiaran Berita dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 (1).

Desti, N. M. 2018. Strategi Wartawan Online dalam Mencegah Berita Hoax dalam Annaba Jurnal Ilmu Jurnalistik Volume 3 (4).

Dhamayanti, W (2018).Penerapan Sikap Independensi pada Wartawan Pers Mahasiswa di Kota Bandung dalam Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik, Volume 3 (1), 1-24.

Gun, G. H. (2017). Ekonomi Politik Media Penyiaran: Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1(1).

Herman. 2017. Strategi Komunikasi Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Melalui Media Sosial dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 (2).

Irawan, D. (2018). Studi Etnografi pada Organisasi Persatuan Islam. dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 2 (1).

Lestari, R. S. (2018). Etos Kerja Wartawan Kontributor MNCGroup Tentang Kebijakan Redaksi Terpadu dalam Annaba Jurnalistik: Jurnal Ilmu Jurnalistik Volume 3(1).

Maeskina. M. M & Hidayat. D. (2021). IPPAR Model Pendekatan Content creator dalam Mempertahankan Reputasi di Media Snack Video dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 (2).

Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Prosesional. Yogyakarta : LKIS.

Meleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Offset Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, Asep Saeful. 2016. "Pengantar Ilmu Jurnalistik." (Bandung: Simbiosa Rekatama Media).

Novita, L. (2018). Independensi Wartawan PWI Jawa Barat dalam Berita Keislaman dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 (1).

Pawito, Y. M. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purnama, F. (2019). Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3(1).

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Rosalia, M. Nanang K & Brigitta R. S. F. (2019). Analisis Semiotika tentang Penggambaran Orang Pedalaman pada Film Indonesia dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 (2).

Rustandi. D & Yusanto. F (2021). Postkomodifikasi Media Sosial Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo dalam Perspektif Wacana Foucaldian dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 (2) .

Saefullah. U & Rustandi. D. (2020). Literasi Jurnalisme Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bandung dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4 (1).

Sudarman, S. (2018) Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadasarn Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal dalam, Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutendro, D. M. (2018). Persepsi Mahasiswa pada Tayangan AIMAN Kompas TV dalam Annaba Jurnal Ilmu Jurnalistik. Vol 3 (1).

Wibawa, D. 2020. Wartawan dan Netralitas Media dalam Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4 (2).

Zulaikha, N. H. (2018). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.