Persepsi Wartawan Mengenai Penggunaan Clickbait di Media Daring
Keywords:
Keywords, Perceptions of Journalists, Clickbait, Online MediaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wartawan AJI Bandung tentang penggunaan clickbait pada judul berita di media daring melalui tiga aspek penelitian yaitu atensi, seleksi, dan interpretasi wartawan yang tergabung dengan AJI Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan wartawan AJI Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh wartawan memperhatikan dan mengetahui mengenai clickbait, penggunaan clickbait merupakan upaya menarik pembaca namun tidak berlebihan seperti mengabaikan fakta dan masih dalam batas wajar dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung saja. Dalam membuat judul clickbait juga tetap menggunakan aturan seperti kriteria judul berita yang salah satunya harus relevan serta judul berita berkaitan denga nisi berita. Wartawan berpendapat bahwa penggunaan clickbait pada judul berita diperbolehkan namun tanpa mengabaikan kode etik dan tetap bersesuaian antara judul dan isi berita tersebut.
ABSTRACT
This study aims to determine the perceptions of AJI Bandung journalists regarding the use of clickbait on news titles in online media through three research aspects, namely attention, selection, and interpretation of journalists who are affiliated with AJI Bandung. The research method used in this study is a qualitative method with data collection in the form of interviews with AJI Bandung journalists. The results of the study show that all journalists pay attention and know about clickbait, the use of clickbait is an attempt to attract readers but not excessively such as ignoring facts and is still within reasonable limits with the aim of only increasing the number of visitors. In making clickbait titles, we still use rules such as the criteria for news titles, one of which must be relevant and the news title related to the news content. Journalists argue that the
use of clickbait on news titles is permissible but without ignoring the code of ethics and keeping the title and content in line with the news.
References
Aksara, T.P. (2020). Kamus Istilah Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Indoeduka
Ahmad Syafieq, D. H. (2018). Penggunaan Umpn Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca. http://repository.uniska-bjm.ac.id/352/
Biyani, P., Tsioutsiouliklis, K., & Blackmer, J. (2016). "8 Rahasia Menakjubkan untuk Mendapatkan Lebih Banyak Klik": Mendeteksi Clickbait di Aliran Berita Menggunakan Informalitas Artikel. Prosiding Konferensi AAAI tentang Kecerdasan Buatan , 30 (1).
Fauzi, A. (1999). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Jalaludin Rakhmat. (2018). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Mulyana, D. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Pangarepan, J. N. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kepala Berita Clickbait Media Daring Instagram (Studi Pada Mahasiwa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Acta Diurna Komunikasi
Romli, A.S. (2018). Jurnalistik Daring: Panduan Mengelola Media Daring. Bandung: Nuansa Cendikia.
Sobur, A (2003). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Media
Sukendar, M. U. (2017). Psikologi Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sumadiria, A. H. (2014). Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Sumadiria, A. S. (2017). Bahasa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Syafieq, dkk. (2018). Penggunaan Umpan Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca. Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
Walgito, Bimo. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Downloads
Published
Issue
Section
License
LETTER OF COPYRIGHT ASSIGNMENT
Â
As an author of Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam of Program Islamic Communication and Broadcasting, Dakwah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, I, who sign below:
 Declare:Â
Â
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed on any other journals and publication.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except with Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except referred in bibliography and relevant with the rule of writing in this journal.
- I give all my copyright of this paper to this journal include the right for managing and publication.
- I make this assignment surely. If there are distortion and untruth in this assignment, later, I will take responsibility as the current law. Â