STRATEGI ADAPTASI MGT RADIO 101.1 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL


Ridwan Abdul Jabbar(1*), Haris Sumadiria(2), Abdul Aziz Maarif(3)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Country: Indonesia,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe how MGT Radio 101.1 FM's strategy is to maintain its existence in the digital era. Researchers use the concept of strategic management from Fred R David who explains that in the strategy there are three stages, namely planning, implementation and evaluation. This research method uses a qualitative descriptive method. The results of the research show, (1) in the pre-production stage, the program director and producer are responsible for determining program planning, content ideas and script writing; (2) at the stage of production or implementation of the production of the MGT Radio program carried out by broadcasters through three stages, namely pre-on air, on air and closing; (3) the post-production stage, namely the final stage of the pre-production and production results as well as the evaluation carried out by MGT Radio in 3 periods, namely daily, weekly and monthly. At this stage the entire team including the board of directors is involved.

Keywords


Radio Strategy, Existence, Digital Era

Full Text:

PDF

References


A. Ius Y, T. (2010). Broadcasting radio. Yogyakarta: Pustaka Book.

Alam, H. S. N. (2021). Strategi pemberitaan Radio Kandaga dalam menjaga eksistensi untuk mendukung penyaluran informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung: Studi kasus pada Radio Kandaga Diskominfo Kabupaten Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Amalia, S. I. (2017). Jurnalisme radio: Teori dan praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Anggraini, N. D. S. (2018). Penggunaan media sosial sebagai strategi konvergensi pada radio di Kota Serang Banten: Studi deskriptif penggunaan media sosial pada Radio Xchannel 103.2 FM di Kota Serang Banten (Skripsi tidak diterbitkan). Banten: Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Azizah, I. (2021). Urgensi teknologi pendidikan: Analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Retrieved from http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/635/1/Munawir_Urgensi%20teknologi%20pendidikan.pdf.

Cahyo, M. H. (2017). Kecenderungan bias politik pada kasus korupsi Dahlan Iskan (Studi analisis isi pemberitaan terkait kasus Dahlan Iskan di Koran Jawa Pos periode 25 Oktober - 10 November 2016) (Skripsi). Surabaya: Universitas Airlangga.

Cangara, H. (2010). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, P. H. (2014). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hapsari, D. T. (2018). Jurnalisme radio pada era digital: Transformasi dan tantangan. Jurnal Masyarakat Indonesia, 44(1).

M, S. F., & Satlita. (2016). Pelaksanaan strategi dinas pariwisata dan kebudayaan dalam meningkatkan jumlah kunjungan. Pariwisata, 1-12.

Masduki. (2004). Menjadi broadcaster profesional. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

McQuail, D. (1987). Teori komunikasi massa. Jakarta: Erlangga.

Morissan. (2009). Manajemen media penyiaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Mufid, M. (2005). Komunikasi dan regulasi penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muhtadi, A. S. (2016). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Putra, D. B. (2021). Strategi MGT Radio 101.1 FM pada era konvergensi media. Jakarta: Latar Belakang.

Putri, R. I. (2019). Adaptasi radio di era digital: Studi deskriptif radio Dahlia 101.5 FM Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rachmawati, S. N. (2019). Strategi manajemen siaran radio komunitas dalam mempertahankan eksistensi radio (Studi deskriptif kualitatif strategi manajemen siaran radio Saka FM Yogyakarta dalam mempertahankan eksistensi radio periode 2018) (Skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Reese, P. J., & Shoemaker, S. D. (1996). Mediating the message: Theories of influence on mass media content. New York, NY: Longman Publisher.

Sugiharto, E. (2015). Strategi adaptasi penghuni rumah susun dan masyarakat sekitarnya dalam perolehan air di Kelurahan Menanggal, Kota Surabaya (Skripsi). Surabaya: Universitas Airlangga.

Tania, C. (2018). Implementasi strategi dinas pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah dalam pengembangan daerah wisata pantai di Kecamatan Pandan (Skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Terry, G. R. (2008). Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wati, A., & Erna, H. (2016). Pengaruh komisaris independen, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap manajemen laba. NeO~bis. Manajemen, 62-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.