Strategi Media Televisi Lokal Bandung TV Dalam Menghadapi Era Disrupsi Digital


Hilma Fajriani Audah(1*), Acep Muslim(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana strategi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang diterapkan oleh pengelola media televisi lokal Bandung TV dalam mempersiapkan langkah-langkah perencanaan televisi lokal menghadapi era disrupsi digital.Dalam mengkaji aspek-aspek yang tertuang dalam tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan strategi dalam menghadapi era disrupsi digital yang diterapkan oleh Media Televisi Lokal Bandung TV masuk kedalam rapat perencanaan rutin yang dilakukan oleh Bandung TV dan penyebaran program siaran beralih melalui platform digital. Hal ini terkait dengan era disrupsi menitikberatkan mengubah sistem tatanan lama, mendorong aktivitas pada percobaan teknologi digital. Meskipun tidak ada perubahan secara fundamental, penelitian ini mencoba melihat bagaimana fleksibilitas perencanaan yang dilakukan oleh Bandung TV dalam kerangka struktur POAC, Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pengarahan), dan Controlling (Pengawasan).

Keywords


Disrupsi digital, Strategi, Bandung TV

Full Text:

PDF

References


Aji, Haryo Kusumo. (2021). Produksi Konten Televisi dan Konten Media Digital. Surakarta: Unsri Press.

Amal, Harisul. (2022). Konvergensi Media di Serambi Indonesia. Communicatus, 6(1), 1-16.

AR, M. Fikri. (2018). Sejarah Media Transformasi, Pemanfaatan dan Tantangan. Malang: UB Press.

Billah, Syamsul Arif. (2019). Kesiapan Indosiar Dalam Menghadapi Era Multiplatform & Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 2(2), 37-42.

Cahyani, Nur Setyo. (2022). “Strategi Media Sin Po Tv Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Tengah Maraknya Media Massa Berbasis Online (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Media Online Sin Po Tv Program Berita Nasional”. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Duhe, SF & Mortimer, MM & Chow, SS (2004). Convergence in North American TV Newsrooms: A Nationwide Look, dalam Convergence: The International Journal Research into New Media Technology, 10 (2), 81-104.

Fachruddin, Andi. (2016). Manajemen Pertelevisian Modern. Yogyakarta: CV. Andi Ofset.

Hariandja, Marihot Tua Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hikmat, Mahi M. (2018). Jurnalistik: Literary Journalism. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ikhwan, Muhammad. (2022). Manajemen Media Kontemporer Mengelola Media Cetak, Penyiaran dan Digital. Jakarta: Kencana

Juddi, Moh Faidol. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Bandung: Unpad Press.

Khumaedi, Teddy. (2020). Jurnalistik Dasar Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak & Online bagi Mahasiswa dan Pelajar. Riau: Dotplus Publisher.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Muliawaty, Lia. (2019). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Disrupsi. Jurnal Ilmu Administrasi Kebijakan. Vol. 10, No. 1, Hal 14-15.

Pertiwi, Indri Gita. 2022. Profesi Wartawan Di Era Disrupsi Analisis Deskriptif Terhadap Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Cabang Kota Bandung”. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Permana, S. M. Rangga; Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia di Stasiun Televisi Lokal Radar Tasikmalaya TV. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, Vol 2, No 1, Hal 1-18.

Putri, Tiara Dwi; Radjagukguk, Djudjur Luciana. (2022). “Strategi Komunikasi Manajemen Redaksi Televisi Radio (TVR) Parlemen dalam Meningkatkan Minat Penonton Di Era Digital”. Jurnal Adpertisi, Vol 2(1), 1-13.

Rahmadhani, Ainun. (2020). “Eksistensi Tel evisi Lokal (Studi Deskriptif Sinjai Tv Di Kabupaten. Sinjai)”. Skripsi. Makassar: Uniersitas Muhammadiyah Makassar.

Rofiah, Chusnul. (2023). Metode Penelitian Kualitatif Lengkap dengan Pembelajaran Semester dan Contoh Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Romadlono, Nanang Yulianto; Indainanto, Yofiendi Indah. (2020). Tantangan TV Lokal di Era Disrupsi Digital. Islamic Communication Journal. Vol. 5, No 2, Hal 175-184.

Setyaningsih, Arlin Dwi. (2020). “Manajemen Produksi Program Televisi Lokal Di Era Disrupsi (Studi Program Talk Show Limasan Di Simpang5tv Jawa Tengah)”. Skripsi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Silvia, Irene: Perwirawati, Elok: Simbolon, Besti Rohana. (2021). Manajemen Media Massa. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Singerin, Sarlota. (2023). Manajemen Digitalisasi Sebagai Solusi Menghadapi Era Disrupsi Pada Perguruan Tinggi. Pasaman Barat: Penerbit CV. Azka Pustaka.

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta: LkiS.

Ummah, Athik Hidayatul. (2022). Manajemen Industri Media Massa. Banda Aceh: Syiah Kuali University Press.

Wahid, Abdul: Pratomo, Dhinar Aji. (2017). Masyarakat dan Teks Media Membangun Nalar Kritis Masyarakat atas Hegemoni Media. Malang: UBPress.

Wibisono, B. 2009. Stasiun Televisi Swasta Lokal. http://e-journal.uajy.ac.id/2933/3/2TA11242.pdf . Diakses pada 3 Maret 2023.

Wijoyo, Hadion. (2021). Leadership di Era Digital. Sumatera Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Setyaningsih, Arlin Dwi. (2020). “Manajemen Produksi Program Televisi Lokal Di Era Disrupsi (Studi Program Talk Show Limasan Di Simpang5tv Jawa Tengah)”. Skripsi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Silvia, Irene: Perwirawati, Elok: Simbolon, Besti Rohana. (2021). Manajemen Media Massa. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Singerin, Sarlota. (2023). Manajemen Digitalisasi Sebagai Solusi Menghadapi Era Disrupsi Pada Perguruan Tinggi. Pasaman Barat: Penerbit CV. Azka Pustaka.

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta: LkiS.

Ummah, Athik Hidayatul. (2022). Manajemen Industri Media Massa. Banda Aceh: Syiah Kuali University Press.

Wahid, Abdul: Pratomo, Dhinar Aji. (2017). Masyarakat dan Teks Media Membangun Nalar Kritis Masyarakat atas Hegemoni Media. Malang: UBPress.

Wibisono, B. 2009. Stasiun Televisi Swasta Lokal. http://e-journal.uajy.ac.id/2933/3/2TA11242.pdf . Diakses pada 3 Maret 2023.

Wijoyo, Hadion. (2021). Leadership di Era Digital. Sumatera Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.