Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial


Aulia Regita Ramadhan(1*), Enjang AS(2), Bahrudin Bahrudin(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana netizen berkomunikasi pada media sosial. Peneliti mengkhususkannya pada ungkapan sarkasme yang dilontarkan oleh netizen di kolom komentar media sosial @mojokdotco. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini bahwa ragam bentuk lingual makian bahasa indonesia pada kolom komentar media sosial twitter @mojokdotco terdiri dari beberapa bentuk ragam lingual, antara lain bentuk lingual kata, frasa, klausa serta kalimat. Adapun gaya bahasa sarkasme antara lain sarkasme sebutan, sarkasme sifat, maupun sarkasme leksikal. Berdasarkan penelitian yang telah dipaparkan bahwa pembahasan Undang-Undang ITE dan Alquran penting untuk menjadi acuan etika komunikasi dalam menggunakan media sosial. karena komunikasi yang baik dan tidak bertentangan dengan syariat Islam adalah jika sudah melaksanakan perkataan sesuai dengan qoulan ma’rufa. 

Keywords


Media Sosial, Sarkasme, Etika Bermedia

Full Text:

PDF PDF

References


Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media. As-Suyuthi, J. (2006). Terjemahan Tafsir Jalalain dan Asbabun Nuzul.. Bandung: Sinar Baru Algesindo Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta Fishman, J. A. (1972). The relationship between micro-and macrosociolinguistics in the study of who speaks what language to whom and when (pp. 15-32). Penguin Books. Hauben, Michael. "The Expanding Commonwealth of Learning: Printing and the Net". columbia.edu. Diakses tanggal 5 June 2015. Indonesia. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Sekretariat Negara. Jakarta. Keraf, Gorys. (1985). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Mulawarman, N. D. A., & Nasrullah, R. A. (2003). Media Sosial. Pemanfaatan Media Sosial Facebook sebagai Strategi Pemasaran Paket Umrah PT. 9. Nababan. (1993). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rakhmat, Jalaluddin. Islam Aktual. Bandung : Mizan. 1992.Ramadhan, Rahmania. (2015). Pencemaran Nama Baik Dalam Perspektif Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, (Jurnal IUS: Kajian Hukum dan Keadilan. Ramadhan, Rahmania. (2015). Pencemaran Nama Baik Dalam Perspektif Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, (Jurnal IUS: Kajian Hukum dan Keadilan Shihab, Quraish. (2022). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara.Sokowati, M. E., & Junaedi, F. (2019). Manajemen Produksi Media Digital Mojok. co dan Pemetaan Konten. Chanel: Jurnal Komunikasi, 7(1), 1. Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sumadiria, A. H. (2008). Jurnalistik indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurbalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda. Suseno, Magis. (1993). Etika dasar. Jakarta: Pustaka Filsafat Waluyo, J. Herman. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.