PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA TUMBUHAN SAHABATKU DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS VI SD
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i1.17276Keywords:
perangkat pembelajaran, tematik, saintifik, aktivitas belajar, hasil belajar.Abstract
Pembelajaran dengan kurikulum 2013 masih sulit dilakukan sehingga berdampak kurang baik pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat memberikan kegiatan bermakna serta dapat menopang pembelajaran saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengembangan mengadaptasi model R&D berdasarkan langkah Borg & Gall terdiri atas melakukan pengumpulan data, melakukan perencanaan, pengembangan awal produk, melakukan uji validasi buku ajar, melakukan revisi uji validasi perangkat pembelajran, melakukan uji coba terbatas, melakukan revisi uji coba terbatas, melakukan uji coba lapangan, dan melakukan penyempurnaan produk akhir. Hasil yang diperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid berdasarkan pendapat tiga validator (instrumen, ahli, dan praktisi), praktis berdasarkan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, dan evektif berdasarkan respon yang diberikan siswa dan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran tematik subtema tumbuhan sahabatku dengan pendekatan saintifik layak untuk di aplikasikan dalam pembelajaran.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BPSDMP-PMP. (2012). Pedoman Penulisan Buku Ajar Peningkatan Kompetensi Pendidik. Jakarta: BPSDMP-PMP.
Gaines, K & Curry, Z. (2011). The Inclusive Classroom: The Effects of Color on Learning and Behavior. Diaskes 11 November 2020, dari situs World Wide Web: https://www.semanticscholar.org/paper/The-Inclusive-Classroom%3A-The-Effects-of-Color-on-Gaines-Curry/adf583eab0acddd2d536a141c04c10a944a42e08.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyono, Anton, M. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama.
Muthorikah, Y.P. (2018). Pengembangan Buku AjarTematik Subtema Permainan Tradisional di Daerahku melalui Pendekatan Saintifik Untuk Kelas III SD. Tesis. Jakarta: Magister Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Terbuka.
Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.
Parta, I Nengah. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Memperhalus Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru Melalui Pengajuan Pertanyaan. Disertasi. Surabaya: Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Saifudin, H.A & Berdiati, I. (2015). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparman, M.A. (2012). Desain Intruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Wang, Liying . (2020). The Influence of Picture Book Interaction Design on Preschool Children’s Reading Experience. Diaskes 11 November 2020, dari situs World Wide Web: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-60128-7_37.
Wati, Erma. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Saintifik Sub Tema Hidup Besih dan Sehat di Sekolah Untuk Siswa Kelas II SDN Bendogerit I Kota Blitar. Tesis. Malang: Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
Wibawa, B, dkk. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zulkifli. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Tesis. Malang: Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).