Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan


Maya Paramitha(1), Syarifah Fadllah(2), Mustika Sari(3*)

(1) IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
(2) IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
(3) IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk mendidik siswa mandor di SMP VIII mengenai biologi organ pernapasan dan mekanika pernapasan. Penelitian ini menggunakan tiga fase paradigma R&D yaitu mendefinisikan, merancang, dan membangun dalam pengembangan 3D. Enam belas siswa kelas delapan di sebuah SMP dan lima ahli media dan materi berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan lembar validasi dari ahli media dan materi, survei guru dan siswa, serta tes pilihan ganda untuk mengevaluasi siswa. Temuan penelitian, yang didasarkan pada aplikasi Canva, memvalidasi multimedia dengan melibatkan spesialis media yang memberikan skor rata-rata 86,4% berdasarkan tiga kriteria yang sangat relevan. Kriteria yang sangat valid menghasilkan skor rata-rata 89,8 persen untuk temuan validasi materi dalam studi ini. Selain itu, pentingnya kegunaan juga terbukti, seperti yang ditunjukkan oleh fakta bahwa 87,9% kelas setuju dengan seperangkat kriteria praktis setelah instruktur dan semua murid mengisi kuesioner. Bukti keberhasilan lebih lanjut datang dari kinerja siswa pada post-test, di mana 14 dari 16 siswa (atau 87,5%) memenuhi standar nilai KKM sekolah sebesar 67, sehingga hasil tes rata-rata siswa memenuhi semua persyaratan dan dianggap sangat efektif.


Keywords


Canva, Multimedia interaktif, Sistem pernapasan

Full Text:

PDF

References


Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (BDR) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMAN 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 30–36.

Amini SK, Pujiharti Y. 2021. Pengembangan canva sebagai media pembelajaran ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. ECODUCATION: Economic & Education Journal 3(2):204–217.

Analicia, Tenty & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha. Vol 9(2): 260-266.

Aulia, R., & Darmansyah. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Metode Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Journal of Multidisciplinary Research and Development. Vol.5, No. 1. 188.

Darmawangsa, Rio. (2017). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Universitas Jambi: Jambi.

Hasomanta, Fanny, dan Helen. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Aplikasi Canva di SMP Negeri 6 Langowan. JURNAL SAINS PENDIDIKAN BIOLOGI Vol. 4 No. 1:75-82.

Fergiyanti, M., & Masjudin. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMPN. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM,” 4(1), 14–19.

Jupri. 2022. Penerapan strategi pembelajaran ttw (think, talk and write) berbantuan canva dalam meningkatkan keterampilan membuat kartu ucapan selamat siswa kelas X IPA 3 SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2(1): 97–105.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VIII semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Kusnandar, K. (2014). Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning Object. Jurnal Teknodik, 17(1), 583– 595.

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I (2018). The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 190–203.

Maolida, E. H., & Salsabila, V. A. (2021). Canva and screencast-o-matic workshop for classroom purpose: comunity service for Madrasah Idtidaiyah teachers. AJAD: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54-60.

Maryunani. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi Canva untuk kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. Elementary:Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190-196.

Nurhalisa, S., & Sukmawarti (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 37-45.

Nurhalisa, S., & Sukmawarti. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Education and Social Analysis. Vol 3(1), 37-45

Puspita Hadi, W., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). Respon guru IPA terhadap pembelajaran IPA berintegrasi etnosains: studi pendahuluan di kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46–53.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Riono dan Fauzi. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp di SD Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol.8, No.1, 117-127.

Sari, P. D, Tri, J, & Berti, Y. (2015). Pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains (KPS) untk meningkatkan KPS peserta didik. Lampung: UNILA. Jurnal Biologi: 1-15.

Setiawan, N. C. E., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Menfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 107.

Suryani,Nunuk ; Achmad Setiawan ; Aditin Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Susanti RD, Ummah SK. 2021. Pengembangan bahan ajar open-ended melalui polysynchronous learning berbantuan canva. Jurnal Inovasi Pembelajaran 8(2):115–128.

Wicaksana, J., E., Pramana, A., & Yuli, A. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 4(2): 160-172.

Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171, 012019.

Sahil, Isran. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Canva Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Biologi IAIN Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9(1),195-197




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v13i2.21203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats