PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3145Keywords:
Kognitif, Afektif, Ekosistem Perairan Pendekatan Lingkungan KonvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasi
kognitif dan afektif siswa pada sub materi pokok ekosistem perairan menggunakan
pendekatan lingkungan dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan pre testpost
test control group design. hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 28,22 dan nilai rata-rata postest sebesar 57,69, dengan demikian diperoleh
gain sebesar 29,47. nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,86 dan rata-rata postest
sebesar 47,67 dan diperoleh gain sebesar 14,69. Hasil Tes Wilcoxon untuk nilai pretest kedua
kelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil Uji t untuk
nilai postest terdapat perbedaan yang signifikan (nilai kelas eksperimen lebih tinggi) dan hasil
Tes Wilcoxon untuk nilai gain terdapat perbedaan yang signifikan. Prestasi Afektif siswa
dilihat dari respon yang sangat positif, skor rata-rata peraspek sebesar 3,78 dengan kualifikasi
tinggi. Prestasi afektif siswa kelas kontrol dilihat dari respon yang cukup baik terhadap
pembelajaran.
kognitif dan afektif siswa pada sub materi pokok ekosistem perairan menggunakan
pendekatan lingkungan dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan pre testpost
test control group design. hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 28,22 dan nilai rata-rata postest sebesar 57,69, dengan demikian diperoleh
gain sebesar 29,47. nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,86 dan rata-rata postest
sebesar 47,67 dan diperoleh gain sebesar 14,69. Hasil Tes Wilcoxon untuk nilai pretest kedua
kelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil Uji t untuk
nilai postest terdapat perbedaan yang signifikan (nilai kelas eksperimen lebih tinggi) dan hasil
Tes Wilcoxon untuk nilai gain terdapat perbedaan yang signifikan. Prestasi Afektif siswa
dilihat dari respon yang sangat positif, skor rata-rata peraspek sebesar 3,78 dengan kualifikasi
tinggi. Prestasi afektif siswa kelas kontrol dilihat dari respon yang cukup baik terhadap
pembelajaran.
Downloads
Published
2018-08-31
How to Cite
erfariyah, ai. (2018). PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL. Jurnal BIOEDUIN, 7(2), 14–24. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3145
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).