PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL

Authors

  • ai erfariyah SMPN 1 CIracap Jl. H. Anwari Ciracap Kab. Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3145

Keywords:

Kognitif, Afektif, Ekosistem Perairan Pendekatan Lingkungan Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasi
kognitif dan afektif siswa pada sub materi pokok ekosistem perairan menggunakan
pendekatan lingkungan dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan pre testpost
test control group design. hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 28,22 dan nilai rata-rata postest sebesar 57,69, dengan demikian diperoleh
gain sebesar 29,47. nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,86 dan rata-rata postest
sebesar 47,67 dan diperoleh gain sebesar 14,69. Hasil Tes Wilcoxon untuk nilai pretest kedua
kelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil Uji t untuk
nilai postest terdapat perbedaan yang signifikan (nilai kelas eksperimen lebih tinggi) dan hasil
Tes Wilcoxon untuk nilai gain terdapat perbedaan yang signifikan. Prestasi Afektif siswa
dilihat dari respon yang sangat positif, skor rata-rata peraspek sebesar 3,78 dengan kualifikasi
tinggi. Prestasi afektif siswa kelas kontrol dilihat dari respon yang cukup baik terhadap
pembelajaran.

Published

2018-08-31

How to Cite

erfariyah, ai. (2018). PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL. Jurnal BIOEDUIN, 7(2), 14–24. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3145

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.