PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTRION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3146Keywords:
Problem Based Instruction, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang antusiasnya siswa dalam pembelajaran serta tidak maksimalnya pemanfaatan informasi belajar dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah belum pernah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, karena lingkungan di sekolah yang kurang memadai. Hal ini dapat menyebabkan tidak terlatihnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) pada materi pemanasan global. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa kelas VII di SMPN 5 Cianjur dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa soal-soal tes kemampuan berpikir kritis yang dianalisis secara kuantitatif. Data hasil angket skala sikap, lembar observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pretest kelas yang menggunakan model PBI pada materi pemanasan global yaitu 51,17; postest 72,44; dan N-gain 0,58 dengan kategori sedang, sedangkan kelas yang tanpa menggunakan model PBI pada materi pemanasan global memiliki skor rata-rata pretest 48,28; postest 61,42; dan N-gain 0,33 dengan kategori sedang. Persentase kinerja guru memperoleh rata-rata 97,5% dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa memperoleh rata-rata 93,35% dengan kategori sangat baik. Respon siswa memperoleh nilai rata-rata 4,2 dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan uji statistik diperoleh Zhitung 3,72 > Ztabel  1,64 maka H0 ditolak. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Instruction pada materi pemanasan global.
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).