HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3148Keywords:
motivasi, hasil belajar, experiential learningAbstract
Tujun penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan natara motivasi belajar
dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konsep system pencernaan
menggunakan model pembelajaran experimental learning. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen. Korelasi antara motivasi belajar dengan keterampilan berpikir kritis
siswa menggunakan model experiential learning pada materi sistem pencernaan adalah 0,52%
termasuk kualifikasi sedang serta memiliki hubungan dapat dilihat dari perolehan rhitung = 0,52
> rtabel = 0,254. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 27,4%. Dengan
kata lain, masih ada 72,96% lagi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal
ini berarti semakin kuat atau semakin baik motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran
model experiential learning, maka akan semakin tinggi atau semakin baik pula hasil
keterampilan berpikir kritis yang diraih oleh siswa.
dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konsep system pencernaan
menggunakan model pembelajaran experimental learning. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen. Korelasi antara motivasi belajar dengan keterampilan berpikir kritis
siswa menggunakan model experiential learning pada materi sistem pencernaan adalah 0,52%
termasuk kualifikasi sedang serta memiliki hubungan dapat dilihat dari perolehan rhitung = 0,52
> rtabel = 0,254. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 27,4%. Dengan
kata lain, masih ada 72,96% lagi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal
ini berarti semakin kuat atau semakin baik motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran
model experiential learning, maka akan semakin tinggi atau semakin baik pula hasil
keterampilan berpikir kritis yang diraih oleh siswa.
Published
2018-08-31
How to Cite
anisa, anisa. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING. Jurnal BIOEDUIN, 7(2). https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3148
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).