HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING

Authors

  • anisa anisa UIN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3148

Keywords:

motivasi, hasil belajar, experiential learning

Abstract

Tujun penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan natara motivasi belajar
dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konsep system pencernaan
menggunakan model pembelajaran experimental learning. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen. Korelasi antara motivasi belajar dengan keterampilan berpikir kritis
siswa menggunakan model experiential learning pada materi sistem pencernaan adalah 0,52%
termasuk kualifikasi sedang serta memiliki hubungan dapat dilihat dari perolehan rhitung = 0,52
> rtabel = 0,254. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 27,4%. Dengan
kata lain, masih ada 72,96% lagi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal
ini berarti semakin kuat atau semakin baik motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran
model experiential learning, maka akan semakin tinggi atau semakin baik pula hasil
keterampilan berpikir kritis yang diraih oleh siswa.

Published

2018-08-31

How to Cite

anisa, anisa. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING. Jurnal BIOEDUIN, 7(2). https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3148

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.