PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE: PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Athiyyah Mawardah, Nengsih Junengsih, Meiry Fadilah Noor

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki siswa pada Abad 21 untuk mengatasi permasalahan yang mereka temukan, baik dalam proses pembelajaran maupun kehidupan nyata. Sejalan dengan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran problem posing dengan Teknik TPS terhadap berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain the pretest-posttest two treatment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelompok, yaitu dua kelompok eksperimen (E1 dan E2) dan satu kelompok kontrol (K). Kelompok E1 menggunakan pembelajaran problem posing dengan teknik think pair share (TPS). Kelompok E2 menggunakan pembelajaran problem posing dan kelompok K menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kreatif berupa soal uraian yang terdiri dari 11 butir. Pengujian statistik dari ketiga kelompok menggunakan Uji One-way Anova. Hasil yang diperoleh yaitu nilai Fhitung sebesar 20,19 dan taraf signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (sig < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem posing dengan teknik think pair share terhadap berpikir kreatif siswa pada konsep sistem gerak manusia.

Keywords


Pembelajaran problem posing, Teknik Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kreatif.

References


BSNP. (2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

BSNP. (2010). Laporan Tahun 2010. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cohen, L., Manion, L, & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education. New York: Routledge.

Ghasempour, Z., Bakar, N., & Jahanshahloo, G.R. (2013). Innovation in teaching and learning through problem posing task and metacognitive strategies. International Journal of Pedagogical Innovations, 1 (1), hlm. 53-62.

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2, Terj. dari Child Development Sixth Edition, oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. (2013). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kemendikbud.

Lie, A. (2008). Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Mishra, S., & Iyer, S.(2015). An Exploration of Problem Posing-based Activities As An Assessment Tool and As An Instructional Strategy. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 10 (5), hlm.1-19.

Raba, A. A. A. (2017). The Influence of Think-Pair-Share (TPS) on Improving Students’ Oral Communication Skills in EFL Classrooms. Creative Education, 8, 12-23.

Sarwinda, W. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi SMA. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS), hlm.14-139.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Ar-Ruzz Media. Tint, S.S., & Nyunt, E.E. (2015). Collaborative Learning with Think Pair Share Technique. Computer Aplication: An International Journal. 2 (1), hlm. 1-




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:
 

Department of Biology Education

Third floor, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building.

Jl. Cimencrang, Panyileukan, Bandung, Jawa Barat 40292

Contact Person : +6281394919121

 

 

View My Stats