PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE: PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6241Keywords:
Pembelajaran problem posing, Teknik Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kreatif.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki siswa pada Abad 21 untuk mengatasi permasalahan yang mereka temukan, baik dalam proses pembelajaran maupun kehidupan nyata. Sejalan dengan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran problem posing dengan Teknik TPS terhadap berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain the pretest-posttest two treatment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelompok, yaitu dua kelompok eksperimen (E1 dan E2) dan satu kelompok kontrol (K). Kelompok E1 menggunakan pembelajaran problem posing dengan teknik think pair share (TPS). Kelompok E2 menggunakan pembelajaran problem posing dan kelompok K menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kreatif berupa soal uraian yang terdiri dari 11 butir. Pengujian statistik dari ketiga kelompok menggunakan Uji One-way Anova. Hasil yang diperoleh yaitu nilai Fhitung sebesar 20,19 dan taraf signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (sig < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem posing dengan teknik think pair share terhadap berpikir kreatif siswa pada konsep sistem gerak manusia.References
BSNP. (2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
BSNP. (2010). Laporan Tahun 2010. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Cohen, L., Manion, L, & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education. New York: Routledge.
Ghasempour, Z., Bakar, N., & Jahanshahloo, G.R. (2013). Innovation in teaching and learning through problem posing task and metacognitive strategies. International Journal of Pedagogical Innovations, 1 (1), hlm. 53-62.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2, Terj. dari Child Development Sixth Edition, oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. (2013). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kemendikbud.
Lie, A. (2008). Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Mishra, S., & Iyer, S.(2015). An Exploration of Problem Posing-based Activities As An Assessment Tool and As An Instructional Strategy. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 10 (5), hlm.1-19.
Raba, A. A. A. (2017). The Influence of Think-Pair-Share (TPS) on Improving Students’ Oral Communication Skills in EFL Classrooms. Creative Education, 8, 12-23.
Sarwinda, W. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi SMA. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS), hlm.14-139.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Ar-Ruzz Media. Tint, S.S., & Nyunt, E.E. (2015). Collaborative Learning with Think Pair Share Technique. Computer Aplication: An International Journal. 2 (1), hlm. 1-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).