Penerapan Metode Bermain Kartu pada Pembelajaran Biologi Konsep Mollusca Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8165Keywords:
hasil belajar, bermain kartu, MolluscaAbstract
Pembelajaran biologi khususnya konsep Mollusca merupakan konsep yanng diajarkan pada siswa kelas X, dilihat dari hsil ujian formatif diperoeh hasil yang fluktiatif, oleh karena itu diperlukan tindakan khusus berupa penlitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Mollusca melalui penggunaan metode bermain kartu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalamm penelitian ini proses pembelajaran mengalami tindakan khusus sesuai dengan perkembangan dan hasil refleksi pada setiap siklus sehingga diperoleh hasil pembelajaran yang maksimal sesuai tujuan pembelajarna. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain kartu pada konsep Mollusca diperoleh data yaitu (1) Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan rata-rata hasil belajar postes pada siklus ke-I dengan nilai 59,45 dan siklus ke-2 dengan nilai 79,69 . Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan dengan rata-rata nilai gain sebesar 20,24 dari nilai maksimal 100. Pencapaian KKM yang telah ditetapkan sebesar 75 telah dicapai oleh 87% siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan metode (Metode Bermain Kartu) konsep Mollusca. Menunjukan bahwa hasil belajar mereka berkembang ke arah positif.References
Abdorrahman Gintings. 2008 Edisi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Humaniora: Jakarta.
Buku UUD 1945 sistem Pendidikan Nasional 2003 pasal 1 ayat 1
Diah Aryuliana dkk.2007 Biologi 1 untuk SMA/MA. Erlangga: Jakarta.
Igak Wardhani. Penelitian Tindakan Kelas. Universias Terbuka: Jakarta.
Irfan Maturidi. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendektan Ekspositori pada Sub Konsep Alat Indra Mata dan Telinga. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Kunandar. 2008 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Muhibbin Syah.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nuryani Rustaman. 2005 Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang. Malang.
Rustaman dkk. 2003 Technical Cooperation Projek For Development of Science and Secondary education in Indonesia. MPMIPA UPI 2003
Paul Suparno. 2007 Riset Tindakan untuk Pendidik. Grasindo: Jakarta.
Pelatihan Metode Pembelajaran Partisipatif Guru SMA dan SMK Kota Bandung 22-24 Januari 2008 di ITENAS Bandung .
Putri dkk. 2014. Pengaruh Pembelajaran Biologi Melalui Metode
Permainan Dengan Media Kartu Kwartet Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran, Vol. 3, No. 1, hal 89-98, Februari 2014
Remegius Gunawan Susilo. 2008 Mereih Prestasi Sebagai Guru Biologi SMA.Sminar Pelatihan Guru:Yogyakarta.
Rochiati Wiraatmadja. 2007 Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Slameto. 1988 Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bumi Aksara: Jakarta.
Suharsimi Arikunto dkk.Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Susilo. 2007 Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Book Publiser: Yogyakarta.
Sobry Sutikno. Belajar dan Pembelajaranâ€Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang berhasil. Prospect: Bandung.
Syaiful Bahri Djaramah dan Aswan Zain
Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Syaiful Sagala
Konsep dan Makna Pembelajaran. Alpabeta: Bandung.
Tabrani Rusyan . 1989 Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Karya: Bandung.
Tarmizi Ramadhan’s. Pembelajaran kooperatif Make a Mach. Blog Page 1of 17.
Wina Sanjaya. 2005 Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media. Jakarta.
Zainal Aqibi. 2007 Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Yrama Widiya: Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).